Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Puncak Suroloyo merupakan salah satu destinasi wisata Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini berada di Perbukitan Menoreh dengan panorama alamnya yang dapat menyejukan mata dan pikiran. Puncak Suroloyo mempunyai ketinggian 1.019 mdpl yang akan membuat Kamu melihat panorama yang luar biasa. Bahkan Candi Borobudur akan terlihat dari tempat ini.

Jalanan yang penuh dengan kelokan serta tanjakan, diapit oleh jurang dan bukit yang akan memacu adrenalin Kamu. Setelah melewati bukit, saat sudah sampai di Kawasan Suroloyo Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Puncak Suroloyo
Image by @ilhamdi07_

Untuk menunjang perjalanan Kamu ke Puncak Suroloyo, pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas di Puncak Suroloyo yang mungkin akan Kamu butuhkan :

  • Warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman
  • Warung sate ( jika Kamu melewati rute Nanggulan )
  • Tiga gardu pandang, untuk menikmati matahari terbit sampai pukul 10.00 WIB.
  • Toilet
  • Pengecoran jalan menuju puncak
  • Beberapa villa, bagi pengunjung yang ingin menginap.
  • Patung Bathara Guru, patung ini merupakan gambaran Dewa Siwa.
  • Tempat Parkir
Baca Juga:  Omah Tembi: Menginap di Suasana Pedesaan Sambil Belajar Budaya

Jam Buka dan Aktivitas yang dapat Kamu lakukan

Puncak Suroloyo tidak memiliki batasan jam kapan pengunjung akan datang. Kamu bisa bebas datang kapan saja ke tempat ini, Puncak Suroloyo buka Hari Senin sampai Minggu dalam waktu 24 jam.

Jam Buka Puncak Suroloyo
Image by @adityaizzi

Ada beberapa aktivitas yang dapat Kamu lakukan, jika sedang menginjakan kaki di kawasan ini, diantaranya :

  • Menuju Puncak Suroloyo

Untuk menuju puncak ini, Kamu harus menaiki anak tangga yang berjumlah 286 dengan kemiringan yang terjal. Kamu sesekali harus beristirahat ya untuk memulihkan tenaga untuk naik ke tangga berikutnya. Setelah sampai di puncak, Kamu akan dihidangkan kupu-kupu yang saling bertebangan, ilalang-ilalang yang bergoyang, dan pemandangan takjub lainnya.

  • Melihat Pemandangan yang Menggiurkan

Terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, Kamu bisa melihat keramahan Kota Jogjakarta dan Magelang. Candi Borobudur pun akan terlihat dari atas sini, beberapa gunung besar juga akan terlihat dari sini. Seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, serta Gunung Merapi.

  • Menikmati Sunrise dan Sunset

Dari Puncak Suroloyo, Kamu bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam, yang bersamaan dengan Gunung Merapi. Kamu juga akan melihat matahari terbenam dengan perbukitan menoreh sebagai latar belakangnya.

  • Menyeduh Kopi Suroloyo
Baca Juga:  Air Terjun Jumog Bak Kucuran Air Nan Indah Terbelah Dua

Kamu juga bisa menikmati kopi hasil dari petani lokal, kopi yang ditawarkan ada Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Kamu bisa menyeruput kopi dengan syahdu diiringi dengan suara alam yang merdu.

Lokasi dan Rute Perjalanan Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo terletak di Perbukitan Menoreh, Dusun Keceme, Desa Onggosoro, Kecamatan Giritengah, Borobudur Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Puncak Suroloyo
Image by @amarciptan

Jarak lokasi dari pusat kota cukup jauh yaitu sekitar 35,6 km. Jika Kamu dari pusat Yogyakarta, Kamu bisa mengambil rute perjalanan ke Puncak Suroloyo, dari arah barat hingga sampai di perempatan Jalan Wates.

Setelah itu, lurus ke arah utara melewati Jalan Siliwangi hingga perempatan Jalan Godean. Kemudian belok ke barat sampai pertigaan Jalan Gedongan-Tempel, lalu belok ke barat hingga melewati Jalan Raya Banjararum, sampai lagi di perempatan lalu belok kanan sampai pertigaan belok kiri ke arah Jalan. Kepiton lurus terus sampai di Jalan. Suroloyo, sampai deh Kamu di lokasi.

Baca Juga:  Candi Prambanan: Candi Hindu Tercantik di Indonesia!

Ada pula rute alternatif menuju lokasi wisata Suroloyo yang bisa kamu lalui dengan jalan kaki dari Borobudur menuju ke arah selatan ke arah sub Terminal Samigaluh dengan rute menuju arah Puncak Suroloyo.

Harga Tiket Masuk ke Puncak Suroloyo

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo
Image by @wawancsk

Untuk harga, Kamu nggak perlu kuatir. Harganya sangat terjangkau kok untuk Kamu yang ingin liburan dengan biaya yang minimal.

KeteranganHarga Tiket
Tiket Masuk WeekdayRp. 2.000,- / orang
Tiket Masuk WeekendRp. 5.000,- / orang
Parkir MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
Ojek ke PuncakRp. 50.000,-

Murah kan berlibur ke tempat wisata ini, lebih murah lagi kalau Kamu mengambil paket wisata jogja di TripJogja.co.id. , Kamu tidak hanya murah liburan di satu tempat tapi Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya di Jogjakarta dengan harga yang terjangkau.

Share ke teman-teman Kamu tentang keindahan Puncak Suroloyo ini ya! Jangan sampai tempat seindah ini Kamu lewatkan saja.

Leave a Reply

Close Menu