Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Pantai pasir putih memang selalu menggoda untuk dijelajahi. Salah satunya ada di Pantai Sadranan. Menariknya pantai ini juga dikarenakan adanya pemandangan batu karang serta pohon yang lebat. Perpaduan yang pas untuk sebuah keindahan alam nan memukau.

Pantai ini lekat dengan kata Sadran atau Nyadran. Nah, istilah tersebut merupakan sebuah upacara adat sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk mengucapkan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga, pantai ini benar-benar diberkahi dengan laut jernih kebiruan. Menarik untuk membahas Pantai Sadranan lebih jauh, ya!

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Pantai Sadranan
Image by @wahyu.bamz

Pantai Sadranan Jogja 2019 juga dilengkapi fasilitas umum yang pastinya akan menambah kenyamanan dari tempat wisata ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Gazebo
  • Penginapan
  • Tempat ganti pakaian
  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Penyewaan alat snorkeling
  • Jasa foto
  • Warung makan

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Jam Buka Pantai Sadranan
Image by @ardiyanunggul

Pantai yang mempunyai karakteristik ombak yang relatif tenang ini dibuka setiap hari untuk umum. Nah, jam operasionalnya adalah 24 jam alias sepanjang hari. Jadi, Kamu bisa datang kapan saja. So, manfaatkan lah waktu ini untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Aktivitas seru yang bisa Kamu lakukan di Pantai Sadranan ini banyak banget. Mulai dari snorkeling hingga berjemur, lengkapnya bisa Kamu simak di bawah ini:

  • Snorkeling

Siapa sih, yang tidak tergoda untuk menelisik dunia bawah laut Pantai Sadranan? Nah, Kamu bisa melakukan snorkeling di pantai ini. Dengan begitu, Kamu bisa menyaksikan ragam biota laut yang mengesankan. Mulai dari terumbu karang sampai ikan kecil warna-warni. Biaya snorkeling di Pantai Sadranan juga relatif murah, lho!

  • Camping Ground Lengkap dengan Api Unggun

Pantai Sadranan memiliki area yang luas untuk mendirikan tenda. Pastinya kegiatan ini akan membuat liburanmu di pantai akan terasa berbeda. Sembari berkemah, Kamu juga bisa menyalakan api unggun. Melakukan camping dengan teman-teman akan membuat liburanmu makin berwarna.

  • Naik Perahu Kano dan Mendayungnya

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk melakukan aktivitas seru ini. Ya, soalnya di Pantai Sadranan ini, Kamu bisa juga mendayung perahu kano. Dengan didampingi oleh tenaga ahli, Kamu pun akan mendapatkan pengalaman baru menjelajah Pantai Sadranan dengan perahu kano.

  • Berburu Golden Sunrise dan Sunset

Pantai memang menjadi salah satu tempat terbaik untuk berburu moment sunrise dan sunset. Pastikan kamu mengabadikannya dalam bentuk foto yang ikonik. Jangan lupa bagikan dengan teman di medsosmu, ya!

  • Berjemur di Tengah Teriknya Matahari

Berjemur menjadi agenda wajib bagi pengunjung di pantai ini. Nah, sebagai pelengkap kegiatan berjemurmu, silakan menyewa payung dari penyewaan di pinggir pantai.

Lokasi dan Rute Pantai Sadaranan

Lokasi Pantai Sadranan
Image by @apple_melati

Lokasi wisata Jogja yang satu ini ada di Pulegundes II. tepatnya di Desa Sidoarjo. Untuk kecamatannya sendiri masuk di Tepus. Kalau kabupatennya pasti Kamu sudah tahu, deh! Ya, betul, Gunung Kidul. Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 55 menit, Kamu sudah bisa mencapai lokasi jika perjalanan dimulai dari Stasiun Tugu Jogja.

Sedangkan rute Pantai Sadranan yang bisa Kamu lewati adalah Piyungan, lalu ke Pathuk. Jika sudah menujulah ke Sambipitu, Lanud Gading, lantas mengambil jalur lurus ke bundaran Tugu BPD. Setelah itu, Kamu tinggal jalan ke Pantai Sadranan, deh!

Harga Tiket di Pantai Sadranan

Tiket Masuk Pantai Sadranan
Image by @devikaefer

Tiket masuk Pantai Sadranan 2019 masih sangat terjangkau, lo! Kamu bisa lihat detailnya pada tabel di bawah ini!

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 10.000,- / orang
Parkir Sepeda MotorRp. 2.000,- / hari
Parkir MobilRp. 5.000,-
Sewa Alat SnorklingRp. 50.000,- / jam
Perahu KanoRp. 50.000,- / jam
Sewa PayungRp. 30.000,- / jam

Menarik banget, kan pantai ini? Kamu tidak hanya bisa menikmati pasir dan airnya saja. Pun, bisa menikmati berbagai wahana yang ada. Jangan lupa kunjungi juga wisata lain di sekitar Sadranan seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Poktunggal, dan sebagainya. Kalau Kamu belum hafal dengan lokasi Gunung Kidul, bergabung aja dengan TripJogja.co.id. Paket wisatanya murah dan terpercaya.

Kalau ke Pantai Sadranan, mana wahana yang paling ingin dijajal? Komen, ya! Mungkin saja, kami bisa bantu Kamu mewujudkan keinginan untuk segera bersenang-senang di pantai ini.

Leave a Reply