Kota Lama Semarang Yang Penuh Kenangan

Kalau ingin melihat pembangunan Negara Belanda, tidak perlu jauh-jauh pergi melancong ke sana. Di Kota Semarang, Jawa Tengah ada sebuah bangunan-bangunan peninggalan zaman  Belanda, yang sekarang dinamai Kota Lama Semarang.

Destinasi wisata Jawa Tengah ini juga sebagai pencetus lahirnya Jawa Tengah dan juga Semarang. Dahulu, Kota Lama ini dijadikan tempat tinggal oleh para tunawisma. Namun, seiring revitalisasi Kota Lama Semarang, kini dijadikan sebuah wisata dengan bangunannya yang eksotik dan juga antik.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Kota Lama Semarang
Image by @justisal.id

Kalau sedang berjalan-jalan mengelilingi wisata Kota Semarang ini, ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Kamu :

  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat sampah
  • Cafe-cafe unik
  • Sepeda
  • Penyewaan vespa
  • Guide

Jam buka dan aktivitas yang dapat kamu lakukan

Kota Lama Semarangbuka setiap hari dan juga 24 jam. Jadi, tidak ada batasan waktu pengunjung mau kesini jam berapa. Kota Lama Semarang malam hari malah lebih ramai dan mengasyikan, pada malam hari tempat ini dihiasi pula dengan lampu-lampu lampion.

Jam Buka Kota Lama Semarang
Image by @destinasisemarang

Sering dijadikan tempat mengadakan sebuah festival dan event. Selain itu, juga dijadikan anak-anak semarang tempat nongkrong pada malam hari.

Selain untuk nonkrong, ada beberapa aktivitas yang dapat Kamu lakukan jika sedang mengunjungi Kota Lama ini. Yuk lihat apa saja aktivitasnya yang dapat dilakukan di sini :

  • Bersepeda mengelilingi Kota Lama

Di lokasi ini, menyediakan penyewaan sepeda untuk digowes mengelilingi eksotisme Kota Lama ini. Jangan salah, untuk penyewaanya sudah berbasis teknologi. Caranya, pengunjung harus mengunduh aplikasi Gowes di Playstore, setelah itu ambil paket harganya sesuai yang dibutuhkan, lalu pindai QR Code pada sepeda untuk membuka gembok. Gampang kan ?

  • Berkeliling dengan vespa antik

Selain dengan sepeda, pengunjung juga bisa bersepeda menggunakan vespa yang disewakan. Vespa yang disewakan pun dilengkapi dengan boncengan samping. Tetapi, bisa juga hanya berfoto di atas vespa dengan memberikan dana sukarela dan tidak digunakan berkeliling.

  • Berfoto di tempat bersejarah

Bangunan-bangunan di Kota Lama Semarang ini merupakan tempat bersejarah yang antik dan ada unsur mistisnya juga. Tetapi, sekarang di Kota Lama ini tidak seseram dulu. Sekarang sudah ramai dikunjungi bahkan sampai tengah malam.

Kalau Kamu yang hobi berfoto, lokasi ini sangat cocok untuk yang suka foto bertema vintage dan instagramable banget.

Ada beberapa spot foto, seperti, jendela akar, Soesman’s Kantoor 1914, Monod Diephuis& CO, Taman Sri Gunting, Gereja Blenduk, Semarang Contemporary Art Gallery, Padangrani Antique Market, Dream Museum Zone, Semarang Kreatif Galeri, Gedung Marba.

  • Berkunjung di Pasar Sentiling

Untuk para pecinta barang antik, Pasar Sentiling wajib dikunjungi siapa tahu ada barang yang disukai atau sekedar untuk spot berfoto. Letak Pasar Sentiling berada di dekat Taman Sri Gunting.

  • Bersantap nikmati di cafe unik

Di sekitar Kota Lama ini, ada cafe-cafe yang bertema jadul dan antik banget. Jika lelah berkeliling tempat ini, Kamu bisa mampir ke cafe-café-nya. Selain makanannya yang lezat dan menggiurkan lidah, cafe ini juga bisa dijadikan spot foto yang lucu dan unik.

Lokasi dan Rute Perjalanan menuju Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang masuk ke kawasan tepi Sungai Mberok atau masuk area Tanjung Emas. Lebih jelas lagi lokasinya ada di Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Lokasi Kota Lama Semarang
Image by @wahyutriyono

Rute perjalanan yang bisa pengunjung tempuh ada beberapa jalur. Bagi yang dari arah Ungaran, menuju Banyumanik Peterongan lalu dari Jalan. MT Haryono lurussampai Bundaran Bubakan. Di Bundaran, pilih Cendrawasih, Kota Lama Semarang.

Jika dari arah Kendal, pilih jalur ke Mangkang lurus hingga Bundaran Kali Banteng. Kemudian, pilih ke arah Semarang Kota masuk ke Bundaran Tugu Muda lurussaja sampai ada Lawang Sewu, lalu ke Jalan. Pemuda hingga Jalan. Johar. Setelah itu pilih jalur ke kiri lurussaja hingga bertemu Kota Lama Semarang.

Harga tiket masuk ke Kota Lama Semarang

Harga Tiket Masuk Kota Lama Semarang
Image by @siomaybonbon

Sebenarnya, untuk berkeliling di Kota Lama Semarang ini tidak dipungut biaya atau gratis. Tetapi, Kamu juga harus menyiapkan uang untuk menyewa beberapa fasilitas yang Kamu inginkan.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Sewa Sepeda OnthelRp. 25.000,- / orang
Sewa VespaRp. 25.000,- / putaran
GuideRp. 75.000,-

Sekali-kali perlu dong berwisata ke tempat cagar budaya, yaitu Kota Lama Semarang. Tempat ini juga sangat pas untuk yang suka berbau jadul nan eksotik. Tempat wisata di Kota Semarang masih banyak lagi lo, untuk Kamu yang mau berwisata di tempat hits lain di Kota Semarang, Kamu bisa mengambil paket wisata di https://tripjogja.co.id.

Kasih tahu teman-teman kamu ya, masih ada juga tempat cagar budaya yang cocok dijadikan tempat foto dengan kesan jadul tapi mewah.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu