Kedung Ombo Dengan Hamparan Rumput Yang Menghijau

Kalau lagi mampir ke Boyolali atau Purwodadi, jangan lupa juga singgahi tempat satu ini. Tempat yang menjadi tempat berpariwisata serta sebagai saluran irigasi dan juga berguna sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ). Warga sekitar sering menyebutnya dengan waduk atau dam tetapi, khalayak luas menamai tempat ini dengan sebutan Kedung Ombo.

Selain terkenal dengan waduknya yang luas, di sekitar waduk ini juga mempunyai landscape pemandangan yang begitu cantiknya. Dulunya, sejarah Kedung Ombo ini mengalami sebuah masalah. Sehingga, Kedung Ombo pernah ditutup.

Rerumputan hijau terhampar di tepi waduk, menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Kedung Ombo. Lokasi wisata Jawa Tengah ini memang belum seterkenal Waduk Gajah Mungkur, tapi yang pasti akan menjadi potensi yang kuat jika dikembangkan dengan inovasi yang bagus pula.

Fasilitas yang ada di Kedung Ombo

Fasilitas Kedung Ombo
Image by @rahmatikadv

Agar waduk ini lebih menarik, ada beberapa fasilitas yang tersedia di waduk ini. Yuk, lihat saja list-nya di bawah ini :

  • Warung Apung
  • Perahu
  • Jet sky
  • Speedboat
  • Bebek air
  • Kuda
  • Playground

Jam buka dan aktivitas apa saja yang dapat dilakukan

Kalau ingin ke Kedung Ombo, pengunjung bisa kesini antara pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB. Waduk ini juga buka setiap hari atau buka dari hari Senin sampai Minggu.

Jam Buka Kedung Ombo
Image by @putri.rifiani

Selama di waduk, ada beberapa kegiatan yang seru dan menarik yang dapat Kamu lakukan. lo, yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Silakan simak saja, cek di bawah ini:

  • Berkeliling menggunakan perahu

Di Kedung Ombo disediakan penyewaan perahu untuk berkeliling di waduk yang luas ini. Dengan perahu ini, pengunjung dapat merasakan tenangnya air waduk dan juga pemandangan aduhai di sekeliling waduk.

  • Bermain jet sky

Selain perahu, pengunjung juga bisa memutari waduk Kedung Ombo dengan jet sky. Dengan jet sky ini tentunya lebih menantang, dengan lajunya yang sangat cepat akan sangat menantang adrenalin Kamu, lo! tentunya harus orang dewasa yang  bisa menjajal permainan ini.

  • Menjajal wahana speedboat

Kamu juga harus lo menjajal wahana yang satu ini, yaitu speedboat. Speedboat merupakan sebuah kapal berukuran kecil dan cepat. Cara memainkan wahana ini cukup ekstrim, yaitu dengan cara orang yang memainkan ini diikat di belakang speedboat, lalu speedboat dijalankan dengan cepat. Sehingga pengunjung yang memainkan ini seperti melayang di udara. Tetapi yang harus diingat harus punya nyali lo yang memainkan wahana ini.

  • Wahana Bebek Air

Nah, wahana ini baru cocok digunakan oleh anak-anak dan orang tua. Wahana ini merupakan sebuah kapal kecil yang berbentuk bebek. Cara memainkannya yaitu dengan cara digenjot, maka pengunjung sudah bisa berkeliling Kedung Ombo.

  • Bersantap santai di atas waduk

Nikmat rasanya jika bersantap di atas sebuah warung yang terapung. Ya, di Kedung Ombo ini disediakan sebuah warung apung yang berdiri di atas waduk. Pengunjung dapat memilih menu yang mereka sukai serta dapat menikmatinya sembari memandangi air waduk yang tenang dan semilir angin yang syahdu.

Lokasi dan Rute menuju Kedung Ombo

Lokasi Kedung Ombo
Image by @kedung.ombo

Untuk bisa ke Kedung Ombo ini, Kamu bisa datang langsung ke Desa Rambat. Lebih jelasnya di Kecamatan Geyer atau Kabupaten Grobogan. Sebenarnya, waduk ini terletak di 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, serta Kabupaten Grobogan.

Rute menuju lokasi ini jika dari Boyolali, ambil arah Kalioso Gemolong lalu ambil arah ke Sumberlawang, setelah itu cari Kecamatan Geyer dan sudah tiba deh di Kedung Ombo.

Harga tiket masuk ke Kedung Ombo

Harga Tiket Masuk Kedung Ombo
Image by @aguswulandari_2

Harga tiket masuk ke Kedung Ombo, terbilang sangat murah dan terjangkau dan tentunya tidak menguras isi dompetmu.

KeteranganHarga
Tiket Masuk (Weekdasy)Rp. 5.000,- / orang
Tiket Masuk (Weekedn)Rp. 7.500,- / orang
Sewa PerahuRp. 10.000,- / orang

Nah, sudah tentukan harinya kan mau liburan kesini kapan? Bagi Kamu pecinta wisata air, Kedung Ombo dam ini bisa masuk lo ke daftar list dan juga sebagai referensi. Jika Kamu ingin berwisata dengan asyik tanpa harus memikirkan akan menginap di mana atau makan di mana, kunjungi saja https://tripjogja.co.id untuk paket wisata jogja terbaik.

Sudah mau akhir tahun lo! Saatnya liburan bersama orang-orang terkasih. Jangan lupa sebarkan informasi dan referensi liburan ini di sosial mediamu tentang eloknya Kedung Ombo.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu