Kebun Buah Mangunan [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Arief Ramadhan

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang menawarkan keindahan panorama alam yang mempesona dan buah-buahan segar yang bisa langsung dipetik oleh pengunjung.

Puncak kebun buah Mangunan berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Kebun buah Mangunan yang berlokasi di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menawarkan pemandangan hijau yang menenangkan, segarnya udara pegunungan, serta sensasi sunrise di kebun buah yang tidak terlupakan.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta sekitar 20 - 25 km dari Kota Yogyakarta. Untuk mencapai kebun buah ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan ke Kebun Buah Mangunan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit - 1 jam.

Cara Akses dari Pusat Kota Jogja

Untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau sepeda motor. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum, seperti bus, yang tersedia dari Terminal Giwangan atau Terminal Jombor. Setelah sampai di kawasan Dlingo, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek atau taksi online untuk mencapai kebun buah.


Untuk menikmati keindahan alam dan buah-buahan segar di Kebun Buah Mangunan, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan saat ini adalah Rp 5.000 per orang untuk weekday, dan Rp. 6.000 per orang saat weekend. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli buah-buahan segar dengan harga yang bervariasi, tergantung jenis buah dan musim panen.


Selain menikmati panorama alam, pengunjung dapat melakukan berbagai macam aktivitas menarik di Kebun Buah Mangunan. Beberapa aktivitas yang direkomendasikan adalah:
  • Berjalan-jalan menikmati panorama alam yang indah
  • Memetik buah-buahan segar langsung dari pohonnya
  • Berfoto di spot-spot indah yang tersedia
  • Berwisata kuliner mencicipi makanan khas daerah setempat
Agar kunjungan Anda ke Kebun Buah Mangunan semakin menyenangkan, ada beberapa tips do and don't yang bisa Anda perhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Do

  • Bawa peralatan kamera atau handphone untuk mengabadikan momen-momen indah selama berada di kebun buah.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan sebaiknya berwarna cerah, sehingga Anda bisa tampil menarik dalam foto.
  • Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup untuk membeli tiket masuk dan membeli buah-buahan segar.
  • Patuhi peraturan di kebun buah Mangunan, seperti jangan merusak fasilitas yang ada di sana atau memetik buah yang belum matang.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Baca Juga:  Pantai Sepanjang Gunung Kidul [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Don't

  • Jangan merusak fasilitas umum, seperti meja, kursi, atau tempat sampah.
  • Jangan memetik buah-buahan yang belum matang, karena itu bisa merusak tanaman dan mengurangi hasil panen.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, agar kebun buah tetap bersih dan indah.

Perlengkapan Apa yang Perlu Dibawa ke Kebun Buah Mangunan

Agar kunjungan ke Kebun Buah Mangunan semakin nyaman, ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda bawa. Berikut perlengkapan yang perlu dibawa:
  • Pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, karena kebun buah berada di ketinggian yang cukup tinggi sehingga suhunya cukup sejuk.
  • Sepatu yang nyaman untuk berjalan-jalan di kebun buah.
  • Topi atau payung, karena di kebun buah tidak terlalu banyak tempat berteduh dan cuaca bisa tiba-tiba berubah.
  • Peralatan fotografi, seperti kamera atau handphone.
  • Uang tunai yang cukup untuk membeli tiket masuk dan membeli buah-buahan segar.

Gallery Foto Kebun Buah Mangunan Bantul

Kesimpulan

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi dalam lawatan anda ke Yogyakarta baik ketika solo travelling atau bersama teman dalam kegiatan paket wisata jogja.  Kebun Buah Mangunan menawarkan panorama alam yang indah dan buah-buahan segar yang lezat.

Agar kunjungan Anda semakin menyenangkan, ada beberapa tips dan perlengkapan yang perlu Anda perhatikan. Pastikan patuhi peraturan yang ada dan jaga kebersihan kebun buah, serta nikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan.

5/5 - (1 vote)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram