Gunung Gajah Kulonprogo: Menikmati Lanskap Kulonprogo di Spot yang Jarang Dijamah

Kulonprogo tampaknya tak akan pernah memberi celah bagi kita untuk merasa bosan dengan sajian pemandangan alam. Di wilayah ini, kita dapat memilih singgasana paling nyaman untuk menyaksikan barisan Bukit Menoreh yang memukau mata dan jernihkan pikiran. Gardu Pandang Gunung Gajah Kulonprogo menjadi salah satu opsi yang seru yang dapat mengakomodir hasrat kita untuk berwisata. Terletak di sebelah barat Desa Wisata Kalibiru, tempat ini menjanjikan pemandangan yang tak kalah menawan dibandingkan Puncak Suroloyo.

Untuk dapat sampai ke Gunung Gajah, kita dapat menggunakan rute melewati Jalan Godean dengan perjalanan sekitar 37 kilometer. Medan untuk menuju ke tempat ini cenderung tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Tempat ini dapat dikunjungi dengan bermodalkan city car biasa maupun sepeda motor walaupun akses jalannya sedikit buruk. Sesampainya di lokasi parkir, kita hanya perlu berjalan kaki sedikit mendaki untuk sampai di gardu pandang ini. Persiapkan air minum dalam tas ranselmu untuk mengobati rasa haus karena harus berjalan cukup jauh. Namun rasa lelah dirasakan tentunya tidak seberapa, karena dua gardu yang menawarkan pemandangan yang menawan siap mengobati rasa lelah dan antusiasme kita.

Gardu Pandang Gunung Gajah
Gardu Pandang Gunung Gajah

Menikmati Pemandangan Asri dengan Nuansa yang Masih Sedikit Sunyi

Gardu Pandang Gunung Gajah tergolong masih sepi dari wisatawan walaupun menghadirkan pemandangan yang menawan. Dibandingkan dengan Kalibiru, tempat ini masih kurang mendapatkan perhatian dari sebagian kalangan masyarakat. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Kondisi yang masih tergolong sepi membuat kita dapat menjadi diri sendiri dan menikmati waktu tanpa perlu merasa terganggu dan diganggu. Merenungi karunia tuhan dengan nuansa sunyi yang menghadirkan kenyamanan.

Memandangi Mahakarya Yang Kuasa dengan Sepuas Hati Kita

Berada di tempat ini memungkinkan kita untuk melihat berbagai objek yang ketika dipandang dari ketinggian ternyata menggandakan keindahannya. Waduk sermo tampak mengecil kala kita pandang dari tempat ini. Dikepung oleh pepohonan yang rindang membuat Waduk Sermo tampak bagaikan oase di tengah hutan yang masih hijau. Berada di ketinggian 810 mdpl memungkinkan mata kita untuk menangkap beberapa lanskap lain yang menarik untuk dipandang mata. Wilayah sekitar kulonprogo tampak dengan jelas di mata kita. Selain itu perbukitan Gunungkidul pun tampak berbaris rapi seolah melambaikan tangan pada kita untuk mampir menghampiri.

Melangkah Lebih Tinggi untuk Menikmati Pemandangan yang Lebih Epic Lagi.

Apabila masih penasaran dengan lanskap pemandangan yang dapat kita temukan dari ketinggian, kita dapat melangkahkan kaki ke puncak Gunung Gajah. Pastikan stamina kita cukup untuk sampai di sana karena perjalanan yang akan kita lakukan akan cukup melelahkan. Medan yang harus dilewati pun sedikit lebih terjal dengan tambahan berupa rumput tinggi dan ilalang yang cukup menyusahkan. Tidak disarankan untuk menapakkan kaki ke tempat ini apabila tidak memiliki stamina yang cukup. Hanya saja, puncak Gunung Gajah memang menawarkan pemandangan yang sulit untuk diabaikan. Pepohonan rapi menghiasi perjalanan kita untuk menuju puncak. Selain itu pesona yang indah karya Yang Kuasa pun telah menanti langkah kita. Kala matahari mulai lelah, pancarnya pun mulai meredup dan langit akan menunjukkan rona yang begitu indah. Pesona senja di puncak Gunung Gajah cukup sulit untuk digambarkan dengan kata-kata sehingga ada baiknya persiapkan diri dan waktu luang kita untuk berkunjung ke sana. (*)

Author : Pradipta Akoso | Editor : Ajeng Darmista

INFORMASI WISATA

Waktu Operasional : 

HTM :

Fasilitas : Gardu Pandang

Aktivitas : Memandangi Waduk Sermo dan perbukitan Menoreh & Sunset yang menawan

LOKASI

Alamat : Jl. Sermo – Girimulyo, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

37 kilometer (1,5jam)

Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Jl. Godean,Jl.Raya Pasar Kenteng,Jl.Watu Murah, Jl. Nanggulan Girimulyo, Jl.Sermo Girimulyo

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

REKOMENDASI TRIPJOGJA

Best Time to Visit : Ketika hari sedang cerah hingga menikmati senja di sore hari

What to bring : Sepatu yang nyaman digunakan & Air minum

Do : Berfoto siluet dengan latar senja

Don’t : Menggunakan sandal jepit karena cukup menyiksa

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu