Gunung Gajah Kulon Progo [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Gunung Gajah Kulon Progo adalah destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Terletak di Jalan Sermo - Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kecamatan Kokap, wilayah Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Obyek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang memukau, termasuk hamparan hijau dan air terjun yang menakjubkan.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, baca terus ulasan ini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai lokasi, cara akses, jam buka, harga tiket masuk, aktivitas yang dapat dilakukan, serta tips dan trik untuk liburan yang lebih menyenangkan.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Wisata Gunung Gajah terletak di Kabupaten Kulon Progo, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Sermo - Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kecamatan Kokap. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari kota Jogja ke obyek wisata ini memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Jalan yang dilalui cukup mudah dilalui karena kondisi jalan cukup baik.

Cara Akses dari Kota Jogja

Untuk menuju Gunung Gajah Kulon Progo dari kota Jogja, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil rute melalui jalan Godean atau jalan Wates. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik angkutan umum dari Terminal Giwangan ke Terminal Wates, kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan menuju ke lokasi.


Gunung Gajah Kulon Progo buka setiap hari dari pukul 0900 hingga 17.00 WIB. Namun, jika ingin naik ke puncak bukit, Anda harus memulai pendakian sebelum jam 13.00 WIB supaya tidak terlalu gelap saat turun.
Untuk masuk ke kawasan wisata Gunung Gajah Kulon Progo, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk untuk wisatawan adalah Rp 15.000 per orang. Selain itu, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000; untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.
  • Mendaki ke Puncak Gunung Gajah
    Pendakian ke puncak Gunung Gajah Kulon Progo menjadi aktivitas utama yang paling diminati oleh pengunjung. Pendakian yang cukup menantang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam yang menakjubkan, seperti hamparan perkebunan, lembah, dan bukit yang hijau. Pengunjung juga dapat melihat air terjun dan panorama Kota Yogyakarta dari ketinggian
  • Menikmati Keindahan Air Terjun
    Selain mendaki ke puncak gunung, pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun yang ada di kawasan Gunung Gajah. Salah satu air terjun yang populer adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam alami yang cocok untuk berenang.
  • Berkemah di Gunung Gajah
    Bagi Anda yang suka berkemah, Gunung Gajah Kulonprogo adalah tempat yang tepat untuk berkemah dan menikmati keindahan alam. Ada beberapa area camping yang disediakan untuk pengunjung yang ingin menghabiskan malam di kawasan wisata ini.
  • Menikmati Sunrise dan Sunset
    Gunung Gajah juga menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang sangat indah. Pengunjung dapat menikmati sunrise dari puncak Gunung Gajah, sementara untuk menyaksikan sunset, pengunjung dapat berkumpul di area puncak dengan teman atau keluarga.
  • Menikmati Kuliner Lokal
    Setelah menikmati keindahan alam di Gunung Gajah, jangan lupa mencicipi kuliner khas Kulon Progo yang dapat ditemukan di sekitar kawasan wisata. Beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain, sate klathak, bakmi jowo, nasi ayam sambel goreng, gebleg, dan masih banyak lagi.
Baca Juga:  Kaliurang Jogja: Wisata Puncak Cisarua ala Jogja
Sebelum mengunjungi Gunung Gajah Kulon Progo, ada beberapa tips yang perlu diketahui agar perjalanan Anda lebih aman dan menyenangkan. Berikut adalah tips Do dan Don’t di Gunung Gajah Kulonprogo:

 

Do’s:

  • Bawa air yang cukup
    Pendakian ke Gunung Gajah membutuhkan energi dan stamina yang cukup. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa air yang cukup agar tidak dehidrasi.
  • Memakai sepatu yang nyaman
    Pendakian ke Gunung Gajah memerlukan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan medan yang dilalui. Pastikan untuk memakai sepatu yang cocok dan sudah terbiasa dipakai sebelumnya.
  • Bawa perlengkapan yang sesuai
    Pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan. Jangan membawa barang yang tidak diperlukan agar perjalanan Anda lebih ringan dan nyaman.

Don't:

  • Membuang sampah sembarangan
    Untuk menjaga kebersihan dan keindahan Gunung Gajah, pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah sembarangan di dalam kawasan wisata.
  • Melempar batu ke arah air terjun
    Aktivitas melempar batu ke arah air terjun sangat berbahaya dan dapat membahayakan pengunjung yang berada di sekitarnya. Hindari aktivitas ini untuk menjaga keamanan Anda dan pengunjung lainnya.

Perlengkapan yang perlu dibawa ke Gunung Gajah Kulon Progo

Berikut adalah beberapa barang yang disarankan untuk dibawa:
  • Tas Gunung atau Ransel
    Tas gunung atau ransel sangat diperlukan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan di Gunung Gajah. Pastikan tas gunung atau ransel yang digunakan nyaman dan mampu menampung semua perlengkapan yang diperlukan.
  • Sepatu Gunung
    Sepatu gunung yang nyaman dan sesuai dengan medan sangat diperlukan selama perjalanan di Gunung Gajah. Pastikan sepatu gunung yang digunakan sudah terbiasa dipakai sebelumnya dan nyaman untuk digunakan selama perjalanan.
  • Pakaian yang Sesuai
    Pakaian yang nyaman dan sesuai dengan medan sangat diperlukan selama perjalanan di Gunung Gajah. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau longgar yang dapat mengganggu gerakan.
  • Air Mineral
    Air mineral sangat penting untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan di Gunung Gajah. Pastikan membawa air mineral yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi.
  • Masker dan Hand Sanitizer
    Pandemi COVID-19 masih berlangsung, sehingga sangat penting untuk membawa masker dan hand sanitizer selama perjalanan di Gunung Gajah. Gunakan masker dan hand sanitizer untuk menjaga kesehatan Anda dan pengunjung lainnya.
Baca Juga:  Pantai Glagah Kulon Progo [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Pertanyaan Wisatawan Seputar Museum Ullen Sentalu

Apakah perlu melakukan reservasi tiket terlebih dahulu untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu?

Museum Ullen Sentalu buka setiap hari kecuali hari Selasa, dari pukul 09.00-16.00 WIB.

Apakah perlu melakukan reservasi tiket terlebih dahulu untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu?

Tidak ada kewajiban untuk melakukan reservasi tiket terlebih dahulu, namun pengunjung disarankan untuk memesan tiket secara online atau datang di luar jam kunjungan ramai untuk menghindari antrean yang panjang.

Apa saja destinasi wisata terdekat dari Museum Ullen Sentalu?

Beberapa destinasi wisata terdekat dari Museum Ullen Sentalu adalah Kaliurang atau merapi lava tour.

Gallery Wisata Gunung Gajah 


Kesimpulan

Gunung Gajah Kulon Progo adalah destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Dalam ulasan ini, kami telah menjelaskan informasi lengkap mengenai lokasi, cara akses, jam buka, harga tiket masuk, aktivitas yang dapat dilakukan, serta tips dan trik untuk liburan yang lebih menyenangkan di Gunung Gajah Kulon Progo. Jangan lupa untuk mengikuti tips dan peraturan yang ada untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Jika anda hendak mencari paket wisata jogja yang bisa menemani anda ke Gunung Gajah, maka anda bisa kontak tripjogja untuk mendapatkan pengalaman yang unik ini.

3.5/5 - (2 votes)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram