Destinasi

Sensasi Senja dan Bentang Kehijauan di Puncak Gunung Purba Ngglanggeran

Sekitar 24 kilometer di sisi selatan Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul terdapat sebuah wilayah yang begitu indah untuk sekedar melewatkan waktu maupun untuk menikmati malam hingga matahari terbit kembali. Desa wisata yang pengelolanya baru-baru ini memenangkan Culturpreneur Award ini dikenal dengan Desa Wisata Nglanggeran (Gunung Api Purba Ngelanggeran). Tempat ini dapat dengan mudah ditemukan hanya dengan menyusuri Jl.Wonosari dan mengikuti petunjuk arah karena memang sudah banyak dikenal. Nuansa yang berbeda dapat dirasakan ketika menjejakkan kaki ke wilayah gunung yang jutaan tahun yang lalu merupakan sebuah gunung api aktif.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat ini kita harus menentukan rangkaian kegiatan seperti apa yang akan kita lakukan di sini. Apakah untuk kunjungan singkat dengan sekedar menikmati senja atau mungkin berkemah sekaligus menyaksikan terbitnya matahari. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan perbekalan yang harus kita persiapkan dari rumah. Tentunya stamina juga perlu dipersiapkan dengan baik karena kita harus berjalan mendaki sekitar 1 hingga 1,5 jam untuk sampai ke puncak. Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini secara total karena selain pesona matahari di waktu sunset dan sunrise terdapat juga objek lain yang dapat dikunjungi sekaligus yaitu Embung Nglanggeran.

Gunung Api Purba Ngelanggeran, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
via: wwwdotwisatadotgunungkidulkabdotgodotid

Panorama Indah Gunung Api Nglanggeran, Karunia Yang Kuasa

Berkemah maupun melalui kunjungan singkat, kita akan sepakat bahwa panorama langit Gunung Api Purba di sore hari maupun di waktu terbitnya matahari sangatlah memikat. Rona langit di Gunung Nglanggeran merupakan salah satu cara Yang Kuasa untuk mengungkapkan kebesaran alam ciptaan-Nya. Rasa lelah setelah berjalan mendaki sekitar 1 – 1,5 jam terbayarkan dengan lunas, bahkan dengan bonus cerita dan pengalaman untuk diceritakan pada sanak saudara. Tanpa harus merasa ragu, langkahkanlah segera kakimu ke tempat ini untuk mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai harganya. Apabila memiliki waktu yang cukup luang, agendakan berkemah sebagai salah satu wahana mempererat tali persaudaraan dengan para sahabat maupun sanak saudara. Sambil menanti datangnya pagi, bersenda gurau dan bertukar cerita tentang masa depan tentunya merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Tak kalah menariknya dengan waktu senja, sunrise dari puncak Gunung Api Purba juga sangat memanjakan mata.

Gunung Api Purba Ngelanggeran, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
via: adventureinhealth1201dotwordpressdotcom

Asik Menikmati Pemandangan di Sebuah Danau Buatan

Embung Nglanggeran merupakan salah satu lokasi yang masih berada satu lingkup di Gunung Api Purba dan sayang untuk dilewatkan. Tentunya berbagai momen asik dan menarik dapat direkam oleh kamera kita. Danay tang berada di kawasan yang cukup tinggi ini tentunya juga menyajikan pemandangan sekitar bumi Gunungkidul yang masih tampak asri. Dari tempat ini, kita dapat menyaksikan bagian puncak dari Gunung Api Purba menyenangkan untuk membuang kepenatan. Selain di puncak Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran juga menyimpan pemandangan yang indah dikala senja.

Gunung Api Purba Ngelanggeran, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
masipoengdotwordpressdotcom

 

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

HTM :

  • Homestay Rp.150.000
  • Paket Outbond Rp 130.000
  • Paket Makrab Rp 120.000
  • Paket Camping Rp 55.000
  • Paket Puncak Kampung Pitu Rp. 100.000
  • Paket Sunrise dan Sunset Rp 300.000
  • Paket Live In Rp. 250.000

Aktivitas :

  • Berkemah
  • Sunrise & sunset

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat : Desa Ngalanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Gunugkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Telepon : +62 818-0260-6050

Website : gunungapipurba.com & Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

24 kilometer (1 jam)

Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Menempuh rute Jl.Wonosari-Salam-Jl.Nasional III

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best Time to Visit : Sore hari

What to bring : Sepatu yang nyaman digunakan

Do : Bercamping sekaligus menunggu terbitnya matahari

Don’t : Melakukan kunjungan di siang hari karena udara akan cukup panas.

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

Write A Comment