Gunung Api Purba Nglanggeran: Sensasi Senja dan Bentang Kehijauan di Puncak

Jika kamu ingin mengunjungi tempat yang menggabungkan antara keindahan alam dengan nilai sejarah, maka Gunung Api Purba Nglanggeran di Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Terletak sekitar 25 km dari Kota Yogyakarta, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, serta sejarah purbakala yang menarik untuk dieksplorasi.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran, mulai dari lokasi, cara akses, jam buka, harga tiket, rekomendasi aktivitas, tips don't dan do, serta perlengkapan apa yang perlu dibawa ke sana.

Lokasi

Jam Buka

Harga Tiket  Masuk

Rekomendasi Wisata

Tips

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berada di ketinggian sekitar 700 mdpl, tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.
 

Cara Akses dari Kota Jogja


Untuk mencapai Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat mengikuti rute dari Kota Yogyakarta menuju Wonosari, setelah melewati bukit bintang anda akan sering melihat petunjuk arah gunung api, ikuti jalan tersebut hingga kamu menemukan plang penunjuk arah menuju Gunung Api Purba Nglanggeran.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu dapat naik angkutan umum menuju Terminal Giwangan di Yogyakarta. Dari sana, kamu dapat naik bus atau minibus menuju Terminal Patuk, kemudian naik ojek atau sepeda motor menuju Gunung Api Purba Nglanggeran.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.


Gunung Api Purba Nglanggeran buka setiap hari 24 jam. Jadi kamu silakan datang kapan saja, akan tetapi waktu terbaik untuk menikmati wisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini adalah di pagi - siang hari. Pastikan kamu datang lebih awal sebelum mulai trekking.
Untuk masuk ke kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuk untuk wisatawan adalah Rp. 15.000,- per orang
Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Gunung Api Purba Nglanggeran. Berikut ini beberapa rekomendasi aktivitas yang dapat kamu lakukan:
  • Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran
    Aktivitas utama yang dilakukan di Gunung Api Purba Nglanggeran adalah mendaki gunung api yang sudah tidak aktif lagi ini. Dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, pendakian ke puncak gunung api memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Selama pendakian, kamu akan melewati jalan setapak yang cukup terjal dan menantang, namun pemandangan yang menakjubkan akan mengiringi setiap langkahmu.
  • Menikmati Pemandangan dari Embung Nglanggeran
    Jika kamu ingin menikmati pemandangan yang spektakuler tanpa perlu mendaki gunung api, kamu dapat pergi ke Embung Nglanggeran. Dari sini, kamu dapat melihat panorama Gunung Api Purba Nglanggeran dan panorama alam sekitar yang hijau dan asri.
  • Menjelajahi Goa Jepang
    Goa Jepang adalah sebuah gua yang digunakan sebagai tempat persembunyian oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II. Di dalam goa, terdapat ruangan yang dipergunakan sebagai dapur, kamar tidur, dan ruang pertahanan. Untuk mencapai goa, kamu akan melewati jalan setapak yang cukup terjal.
  • Menikmati Sunset dari Tebing Watu Gedhe
    Tebing Watu Gedhe adalah sebuah tebing yang terletak di sisi barat Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari sini, kamu dapat menikmati keindahan sunset yang sangat menakjubkan.
Baca Juga:  Bukit Mojo Jogja [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas
Berikut ini beberapa tips do dan don’t yang perlu kamu perhatikan jika ingin berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran:

 

Do:

  • Pakailah alas kaki yang nyaman dan aman untuk digunakan saat mendaki, seperti sepatu khusus trekking atau sandal gunung.
  • Bawa air minum yang cukup dan makanan ringan untuk menemani perjalananmu.
  • Ikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen yang indah selama perjalananmu.
Baca Juga:  Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul [Update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Don't:

  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jangan memetik atau merusak flora dan fauna yang ada di sekitar kawasan wisata.
  • Jangan berteriak atau berisik di sekitar kawasan wisata.
  • Jangan membawa bahan-bahan berbahaya atau mengganggu lingkungan sekitar.

Perlengkapan yang Perlu Dibawa ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu kamu bawa ketika berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran:
  • Alas kaki yang nyaman dan aman untuk digunakan saat mendaki
  • Tas punggung untuk membawa peralatan dan bekal
  • Air minum yang cukup dan makanan ringan untuk menemani perjalananmu
  • Kamera untuk mengabadikan momen-momen yang indah selama perjalananmu
  • Pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan di alam terbuka
  • Topi atau kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik
  • Sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV
  • Peralatan pribadi seperti tisu, obat-obatan pribadi, dan lain-lain.

Pertanyaan Wisatawan Seputar Gunung Api Purba Nglanggeran

Apakah Gunung Api Purba Nglanggeran sulit untuk didaki?

Tidak, Gunung Api Purba Nglanggeran cukup mudah untuk didaki. Namun, jika kamu memiliki fisik yang cukup kuat dan sudah terbiasa dengan aktivitas pendakian, maka pendakian ke puncak gunung api akan menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Apakah terdapat toilet di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran?

Ya, terdapat beberapa toilet di sekitar kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Apakah terdapat fasilitas penginapan di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran?

tidak banyak pilihan penginapan di sekitar sini.

Gallery Foto Gunung Api Purba Nglanggeran

Kesimpulan

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Dengan panduan lengkap yang kami berikan di atas, kamu dapat merencanakan perjalananmu dengan lebih mudah dan efektif. Ingat untuk selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku di kawasan wisata, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, serta menghargai keunikan dan keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran. Selamat berlibur!

5/5 - (1 vote)
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2022 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram