Gudeg Mbah Lindu Yang Bikin Rindu, Bahas Tentangnya, Yuk!

Menjadi makanan khas Jogja, banyak sekali kedai panganan gudeg yang berjajar di sepanjang kota. Namun, satu yang tidak boleh terlewat sama sekali yakni, Gudeg Mbah Lindu yang legendaris. Cita rasa dari gudeg krecek, suwir, dan juga bubur gudegnya selalu membuat para penikmatnya datang lagi dan lagi.

Nah, menurut cerita yang beredar, kedai sederhana ini sudah ada sejak zaman kolonial. Rasa dan aromanya pun tak berubah meski saat ini tidak lagi dijaga oleh Mbah Lindu sebagai pemilik aslinya. Membahas tentang kuliner enak Jogja yang satu ini memang selalu menarik. Untuk itu, silakan simak informasi lengkapnya berikut ini!

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Gudeg Mbah Lindu
Image by @ardanaff

Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di Gudeg Mbah Lindu ini. Letaknya ada di pinggir jalan, sehingga kamu tidak boleh mengharap fasilitas yang istimewa. Nah, berikut telah kami rangkumkan fasilitasnya:

  • Kursi beberapa unit untuk makan di tempat
  • Parkir di ruas jalan
  • Pemesanan

Jam Buka dan Menu yang Ditawarkan

Untuk menikmati seporsi Gudeg Mbah Lindu ini, Kamu bisa datang mulai pukul 05.00 sampai 10.00 WIB. Kalau sudah lebih dari jam tersebut, wassalam, deh! Kamu cuma bisa gigit jari sambil membayangkan kelezatannya.

Jam Buka Gudeg Mbah Lindu
Image by @wow.makan

Adapun menu yang ditawarkan juga beragam. Nasi gudegnya bisa Kamu kombinasikan dengan berbagai lauk. Lengkapnya bisa Kamu lihat di bawah ini:

  • Nasi Gudeg Telur

Kalau ke Jogja belum makan gudeg, seperti ada yang kurang. Sajian dari nangka muda atau gori ini memiliki cita rasa yang khas. Apalagi gudeg racikan dari Mbah Lindu yang sudah eksis sejak zaman penjajahan.

Olahan gori yang ditambah dengan krecek atau kerupuk kulit dengan kuah yang kental membuatnya terasa legit di lidah. Dengan lauk telur, semakin menyempurnakan rasanya.

  • Bubur Gudeg Telur

Jika nasi menjadi makanan yang terlalu berat di pagi hari, Kamu bisa memilih bubur sebagai alternatifnya. Nasi lumat ini tetap terasa lezat saat dipadukan dengan olahan gudeg dan lauk telurnya.

  • Gudeg Telur dan Suwir

Yang membedakan wisata kuliner ini dengan produk olahan warung lainnya adalah rasa krecek yang khas. Sedangkan gudeg telur dan suwir ini adalah campuran antara gudeg dengan ayam suwir yang pas di mulut. Dengan adanya ayam suwir semakin membuat gudeg terasa lebih gurih.

Alamat dan Rute Menuju Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Jogja yang satu ini bisa Kamu temukan di Jalan Sosrowijayan. Untuk wilayahnya sendiri, Kamu bisa menuju ke Sosromeduran. Tepatnya ada di Gedong Tengen. Jangan heran kalau Kamu mendapati tempat yang sempit ini selalu dikerubuti pembeli, ya! Soalnya, gudeg buatan nenek yang usianya sudah hampir satu abad ini memang mantap dan murah.

Alamat Gudeg Mbah Lindu
Image by @jundexplorer

Rute yang bisa Kamu lalui mulai dari pusat kota adalah ke Malioboro, lalu masuk Jalan Sosrowijayan. Jalan ini ada di sebelah barat Mall Malioboro. Lalu, Kamu bisa langsung masuk sejauh 200 meter. Nah, patokannya adalah Hotel Grage atau hotel dekat Gudeg Mbah Lindu. Silakan periksa depan hotel dimana kedai tersebut berada.

Harga Menu

Harga Menu Gudeg Mbah Lindu
Image by @javafoodie

Selain enak, Gudeg Mbah Lindu Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta juga membanderol makanannya dengan cukup murah. Nah, untuk update terbaru harga Gudeg Mbah Lindu 2019 adalah sebagai berikut:

KeteranganHarga
Nasi Gudeg TelurRp. 20.000,-
Bubur Gudeg TelurRp. 15.000,-
Suwir AyamRp. 5.000,-

Itulah detail mengenai Gudeg Mbah Lindu yang fenomenal. Kuliner yang sudah ada sejak penjajahan ini wajib banget untuk Kamu cicipi saat bertandang ke Jogja. Untuk menjelajah berbagai kuliner khas Kota Pelajar ini, Kamu bisa menggunakan jasa travel di tripjogja.co.id. Kami adalah agen travel terpercaya yang akan membawamu ke berbagai tempat menarik di bumi Jawa ini.

Selalu menarik apabila membahas tentang kuliner dan wisata. Seakan tidak ingin berhenti menjelajahnya. Nah, jika Kamu menyukai artikel tentang Gudeg Mbah Lindu ataupun merindukan sosok nenek yang sedang berbaring tak berdaya ini, share ke teman-teman, ya! Jangan lupa doakan beliau supaya sehat kembali dan bisa melayani pembeli yang semakin membludak.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu