Perpaduan Goa Jatijajar Dengan Sentuhan Teknologi, Caving Asyik Tanpa Keringat

Sebagian wilayah Kebumen memang penuh akan bukit-bukit karst. Sehingga, terdapat banyak situs geologi berupa goa. Salah satu yang memiliki magnet tersendiri adalah Goa Jatijajar. Goa ini cukup istimewa sehingga menjadi tempat wisata Jawa Tengah yang berhasil menarik para wisatawan.

Ukuran yang luas dengan bagian dalam berdesain unik membuatnya layak untuk dijelajahi. Ukurannya sendiri mencapai panjang 250 meter. Untuk lebarnya sendiri adalah 15 meter serta tingginya 12 meter. Sebagaimana halnya sebuah goa pasti memiliki stalaktit dan stalagmit, tetapi di tempat ini lebih eksotis ketimbang goa lainnya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Goa Jatijajar
Image by @__mayyy_mayyy

Meskipun berbentuk goa alami, tetapi pihak pengelola sudah melengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuatmu tetap merasa nyaman. Beberapa fasilitas tersebut meliputi:

  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Ruang informasi
  • Area parkir
  • Toilet
  • Pos keamanan

Jam Buka dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Goa Jatijajar memang sudah dikelola secara optimal. Bahkan, pengunjung tidak bisa masuk ke area wisata selama 24 jam. Diberlakukan jam operasional yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Pastikan kamu datang pada saat goa masih dibuka.

Jam Buka Goa Jatijajar
Image by @dhaytoday

Selama itu pula, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik. Aktivitas tersebut meliputi:

  • Merasakan Keindahan Patung Diorama Lutung Kasarung

Kamu pasti sudah pernah mendengar mengenai legenda Nusantara tentang Lutung Kasarung. Di  tempat ini, kamu bisa mengulang kembali sesuatu yang pernah dipelajari di sekolah ini. Yakni tentang kisah romansa Dewi Ciptasari dan Raden Kamandaka. Patung-patung ini akan menambah sensasi mistis di dalam goa.

  • Membasuh Anggota Tubuh di Sendang

Ada setidaknya tujuh buah sendang yang dapat dijangkau dari Goa Jatijajar. Diantara yang paling sering diakses adalah Sendang Jombor, Sendang Puser Bumi, Sendang Kantil, dan Sendang Mawar.

Terdapat mitos tentang sendang-sendang ini, yang mana pada Sendang Jombor dan Puser Bumi dipercaya bisa menjadi sarana untuk memperoleh tujuan dalam hidup. Sedangkan di Sendang Mawar, masyarakat percaya apabila mandi di tempat tersebut, akan bisa lebih awet muda. Untuk Sendang Kantil lebih dipercaya dapat menjadi wasilah terhadap terwujudnya cita-cita.

  • Menikmati Cita Rasa Artistik dalam Goa

Goa Jatijajar memang ditata sedemikian rupa oleh seorang seniman bernama Saptoto. Sehingga tak heran jika kesan artistik akan langsung menyapa begitu kamu masuk ke dalamnya. Tidak hanya diorama Lutung Kasarung saja, kamu pun akan disajikan lampu-lampu penerangan yang cantik serta trap beton yang tampak serasi.

Jangan lupa abadikan dalam bentuk foto yang instagenic.

  • Caving dengan Sentuhan Teknologi

Kalau kamu bukan orang yang terlalu suka dengan kegiatan alam yang berat, maka Goa Jatijajar sangatlah bersahabat. Pasalnya, kamu tidak akan mendapati kondisi dalam goa yang gelap. Medannya pun cukup mudah dengan bantuan jembatan agar pengunjung lebih mudah untuk mengaksesnya.

Alamat dan Rute Menuju Goa Jatijajar

Alamat Goa Jatijajar ada di sebelah barat Semarang dan juga mudah untuk dijangkau angkutan umum. Kalau dari Kebumen, maka jaraknya sekitar 42 km. Lokasi tepatnya ada di Kabupaten Kebumen. Kecamatannya masuk ke Ayah. Untuk desanya sendiri adalah Jatijajar.

Alamat Goa Jatijajar
Image by @ismalaallea_inst

Rute ke Goa Jatijajar yang dapat dilewati adalah mulai dari Semarang menuju ke Ambarawa. Lantas, kamu bisa menuju ke Magelang dan Muntilan. Lanjut, silakan ke Kebumen dan langsung saja ke Goa Jatijajar. Sedangkan dengan angkutan umum, silakan memakai kereta api. Setelah itu, berhentilah di Stasiun Gombong. Lanjutkan dengan angkutan umum. Bilang saja menuju ke jurusan Pantai Ayah. Turunlah di jalur paling dekat dengan lokasi.

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar
Image by @veranopriani

Tiket masuk Goa Jatijajar tidaklah mahal. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas hanya dengan biaya yang tidak menguras isi kantong. Nah, harga tiket Goa Jatijajar 2019 bisa kamu simak di bawah ini:

KeteranganHarga
Tiket Masuk (Dewasa)Rp. 7.500,- / orang
Tiket Masuk (Anak – Anak)Rp. 4.500,- / orang

Goa yang istimewa ini bisa kamu masukkan ke dalam wish list destinasi impian. Tidak ada kata seram untuk goa yang satu ini. Pastinya akan sangat menarik jika mengunjungi Goa Jatijajar beserta tempat wisata lain di Jawa Tengah seperti Dieng atau Masjid Agung. Bergabunglah dengan tripjogja.co.id yang akan membawamu menjelajah ke berbagai sudut kota.

Yuk, segera pesan paket wisatanya dan nikmati berbagai hal menarik di tempat ini. Apakah kamu pernah Goa Jatijajar? Jika pernah, sampaikan pengalamanmu melalui komentar ,ya!

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu