Cave Tubing Kalisuci: Eksotisme Alam yang Menyatu Dengan Tegangnya Petualangan

Cave Tubing Kalisuci  terletak di daerah Semanu, sekitar 47 Kilometer dari Nol Kilometer. Selain Goa Pindul, Kabupaten Gunung Kidul juga memiliki rujukan objek wisata cave tubing lain yaitu Kalisuci. Dinamakan dengan Kalisuci karena mata air di atas aliran sungai ini sangatlah jernih walaupun pada musim hujan. Perjalanan menuju Kalisuci dapat ditempuh sekitar 1-1,5 jam perjalanan dengan rute Jalan Wonosari kemudian menuju ke Semanu. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan peralatan mandi untuk dipergunakan seusai cave tubing. Lebih baik kita ber cave tubing ria dengan menggunakan sandal sebagai alas kaki karena percuma menggunakan sepatu.

Sesampainya di lokasi basecamp cave tubing kalisuci yang konon merupakan objek wisata cave tubing pertama di Indonesia ini kita harus berjalan kaki untuk menuju ke lokasi cave tubing. Kita akan dibekali dengan perbagai perlengkapan standar keamanan untuk kegiatan susur goa. Mulai dari ban pelampung, life vest, dan body protector dipasang ke badan wisatawan yang hendak melakukan cave tubing.

Let’s Go!

Berbagai peralatan yang dipasangkan pada tubuh membuat aktivitas cave tubing relatif aman bagi kalian yang tidak dapat melakukan olahraga renang. Namun tetap saja kita harus berhati-hati karena bagaimanapun berwisata di alam harus menjaga diri agar tetap waspada dari bahaya apapun. Ditemani dengan seorang guide yang akan menemani kita dari awal hingga usai, kita akan menjelajahi goa sepanjang 600 meter dengan menumpangi sebuah pelampung. Bersiap-siaplah untuk menikmati suasana yang hening namun menghibur ketika ber-cave tubing ria. Seperti wisata petualangan pada umumnya, di Kalisuci ini kita juga dapat memacu adrenalin dengan melompat dari ketinggian lebih dari 3 meter ke dalam air.

Cave Tubing Kalisuci

Selepas dari Goa Kalisuci, kita akan diajak untuk menyusuri Sungai Kalisuci sebelum sampai ke Goa Glatik. Kondisi air di Sungai Kalisuci memungkinkan kita sambil bermain air sembari melanjutkan perjalanan. Arus yang cukup deras ini tentunya sangat menarik dan menantang bagi kita. Namun tenang saja, derasnya arus sungai ini tetap aman untuk diarungi.

Di ujung jalur kita telah ditunggu oleh Goa Glatik yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan luweng (goa) glatik. Kondisi jalur di Goa Glatik ini berkelok-kelok namun lebih pendek dari Goa Kalisuci. Total waktu yang diperlukan untuk cave tubing Kalisuci ini kurang lebih 2 jam perjalanan. Beristirahat terlebih dahulu karena kita masih perlu berjalan cukup jauh untuk kembali ke basecamp.

Cave Tubing Kalisuci, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Keasrian dan alaminya Sungai Kalisuci yang harus selalu dijaga oleh para wisatwan. Via mubarok4i5blogspot[dot]co[dot]id

Berwisata di alam tentunya harus mampu mengerti kondisi-kondisi yang mungkin muncul. Disarankan untuk menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk memastikan momen dan waktu kunjungan di sana karena apabila dalam kondisi hujan deran kegiatan Cave Tubing Kalisuci akan diliburkan sementara.

__

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

-oOo-

Tentang Cave Tubing Kalisuci

Waktu Operasional : Setiap Hari, pukul : 08.00-16.00

HTM : Rp. 70.000,- (minimal paket 5 Orang)

Fasilitas: Ban pelampung, life vest, peralatan keamanan, dan guide

Aktifitas: Cave tubing, Tracking, Jumping

Alamat : Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Telepon : 081741228226

Website : http://www.kalisucicavetubing.com & Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak tempuh dari Jogja menuju lokasi Goa Kalisuci kurang lebih 47 Kilometer atau dengan waktu tempuh 1,5 jam. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Perjalanan dapat dilakukan dengan menuju arah Wonosari terlebih dahulu. Setelah itu menuju Semanu hingga menemukan Jembatan Jirak dan berbelok ke kanan di pertigaan. Ikuti jalan hingga dapat menemukan base camp wisata cave tubing Kalisuci. Apabila menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan Bus Jogja-Wonosari terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan angkot jurusan Semanu.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit : Pagi Hari

What to bring :

  • Waterproff (Kamera dan Handphone)
  • Action cam
  • Sunblock
  • Tongsis
  • Baju Ganti
  • Handuk
  • Alat Mandi
  • Outfit yang santai (prefer Kaos dan Celana Pendek)

Do :

  • Lakukan booking karna jumlah pengunjung dibatasi.
  • Nikmati trip-mu dan dengarkan cerita menarik dari pemandu lokal.
  • Lupakan sejenak masalahmu, lompatlah di salah satu titik lompat yang adadi jalur susur.

Don’t : 

  • Melakukan Cave tubing tanpa standart safety yang disarankan.
  • Membuang Sampah atau mencemari Sungai Kalisuci.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cave Tubing Kalisuci
Author Rating
51star1star1star1star1star

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu