Body Rafting Sungai Oyo: Mau Merasakan Berenang di Alam Yang Asyiknya Sampe Keubun-ubun??

Body rafting Sungai Oyo ialah salah satu aktifitas cave tubing yang tak kalah menyenangkan yang wajib dicoba saat berada di Goa Pindul. Namun biasanya 2 kegiatan tersebut adalah satu paket kegiatan yang harus dilakukan jika berkunjung ke Goa Pindul. Setelah selesai melakukan penelusuran keseluruh bagian goa bisa dilanjutkan dengan petualangan yang lebih menantang menggunakan tube (ban) di aliran Sungai Oyo. Berbeda dengan cave tubing Goa Pindul, body rafting dilakukan di aliran sungai yang terbuka. Sungai Oyo sendiri merupakan sungai terbesar yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tapi tidak perlu khawatir Sungai Oya merupakan tipe sungai dengan aliran yang cukup tenang dan tidak mempunyai jeram. Namun yang menarik adalah disepanjang aliran sungai ini kita bisa menjumpai batuan karst yang tersusun rapi.

Body Rafting Sungai Oyo
Body Rafting Sungai Oyo

Suguhan Pemandangan Alam yang Cantik Ketika Body Rafting Sungai Oyo

Bukan hanya pengalaman seru dan menantang saja yang akan kita dapatkan saat body rafting di Sungai Oyo ini, tetapi juga pemandangan alam yang cantik yang bisa kita saksikan sepanjang track yang panjangnya sekitar 1,5-2 km. Perjalanan seru mengarungi Sungai Oya ini dilakukan dalam waktu kurang lebih selama 2 jam. Tergantung musim dan debit air yang ada. Pada musim hujan debit air di Sungai Oyo cukup besar yang akan membuat petualangan menjadi lebih seru dan track perjalanan bisa lebih panjang.

Pemandangan cantik pertama yang bisa kita saksikan adalah pohon-pohon kayu putih yang berjajar rapi bisa disaksikan di sepanjang jalan dari Goa Pindul menuju starting point atau titik awal petualangan menyusuri Sungai Oya ini yang berjarak sekitar 1 km. Selanjut pemandangan cantik berpadu dengan petualangan yang menantang sudah siap menanti.

Aliran Sungai Oyo melewati daerah yang dikelilingi oleh perbukitan batu kapur yang cukup tinggi. Pada musim hujan bukit-bukit tersebut akan terlihat sangat hijau dan cantik. Namun pada saat musim kemarau pohon-pohon yang tumbuh akan menjadi gersang namun tetap terlihat cantik seperti pepohonan yang ada di Korea atau Jepang pada saat musim gugur.

Curug Pengantin dan Tantangan Melompat ke Air

Satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat body rafting di Sungai Oyo adalah Curug Pengantin. Selain biasa dijadikan sebagai tempat peristirahat, air tejun kecil ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto karena banyak spot bagus. Jangan pernah melewatkan untuk mengabadikan moment dengan latar belakang Curug Pengantin yang yang tidak hanya cantik namun penuh dengan mitos.

Yang juga tak boleh dilewatkan adalah sensasi melompat kedalam air dari ketinggian. Ada 2 pilihan tempat yang bisa dijadikan sebagai untuk melompat. Yang pertama mempunyai ketinggian sekitar 4 meter sementara tempat yang kedua tingginya mencapai 7 meter. Kedua tempat tersebut tentu saja akan memberikan sensasi yang berbeda. Namun untuk mengawali keseruan bisa dimulai dari yang lebih rendah terlebih dahulu kemudian bisa dilanjutkan dengan yang lebih tinggi. Ada beberapa tips yang bisa dicoba sebelum melakukan lompatan, yang pertama ada lupakan sejenak semua masalah yang ada. Entah itu masalah dengan pacar atau masalah utang agar pada saat melompat tubuh bisa lebih terasa enteng dan tenang. Kemudian yang kedua adalah memastikan bahwa tangan kita pada posisi lurus dan sejajar dengan kaki lalu meloncat dengan posisi berdiri. Jangan sekali-kali mencoba meloncat dengan posisi tengkurap, karena bukan sensasi yang akan kita dapatkan, tetapi rasa sakit diseluruh badan. 😀

Nah mau pilih yang mana kalau ke Goa Pindul? Cave tubing atau body rafting Sungai Oyo? Pastinya akan lebih menyenangkan jika bisa mencoba dua-duanya. (*)

 

Author : Nova Aristianto | Editor : Ajeng Darmista

-0O0-

Tentang Body Rafting Sungai Oyo

Waktu Operasional : Setiap hari, mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB

HTM : Rp 45.000/orang

Fasilitas: Wedang Pindul, Rompi Pelampung, Sepatu Karet, Ban Pelampung, Locker, Tempat Bilas dan Pemandu Lokal,

Aktifitas: Memacu adrenalin disepanjang aliran Sungai Oya, menikmati keindahan alam

Alamat : Goa Pindul Pos 2, Dusun Gelaran RT. 05, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon : 0812-2944-9004

Website : Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak tempuh dari No Kilometer Yogyakarta ke Goa Pindul kurang lebih 42 km, Dengan Estimasi Waktu tempuh 1 jam 30 menit. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Dari Jogja Naik Bus –> Terminal Giwangan –> Naik Bus Jogja Wonosari –> Turun perempatan Grogol –> Dari Grogol naek Ojek minta diantar ke sekretariat Goa Pindul. Tukang Ojek bisa PP, nanti setelah selesai dari sekretariat goa pindul, pulangnya bisa diantar lagi ke Bundaran Siono untuk cari bus balik ke Jogja. Biaya ojek sekitar 30rb PP.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit :

  • Setiap hari (diluar hari libur long weekend)
  • Musim penghujan karena aliran air Sungai Oya lebih deras dan menegangkan.

What to bring :

  • Waterproff (Kamera dan Handphone)
  • Action cam
  • Sunblock
  • Tongsis
  • Baju Ganti
  • Handuk
  • Alat Mandi
  • Outfit yang santai (prefer Kaos dan Celana Pendek)

Do :

  • Nikmati trip-mu dan dengarkan cerita menarik dari pemandu lokal.
  • Mencoba tantangan yang ada, menikmati pemandangan alam yang indah
  • Lupakan sejenak masalahmu, lompatlah di salah satu titik lompat yang dianjurkan.

Don’t :

  • Melakukan Body Rafting tanpa standar safety yang disarankan.
  • Tidak mengikuti instruksi dari pemandu.
  • Membuang sampah di sungai.
⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

OmNic

Life learner, traveling enthusiast & culinary addict.

Leave a Reply

Close Menu