Air Terjun Jumog Bak Kucuran Air Nan Indah Terbelah Dua

Daya tarik wisata di Lereng Lawu memang tak ada habisnya untuk ditelusuri. Salah satu yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Jumog. Meski membutuhkan banyak perjuangan untuk mencapai lokasi, mulai dari menuruni tebing sampai jembatan dari bambu. Namun, semua itu akan terlupakan saat kamu menyaksikan gemerujuk air dari atas tebing.

116 anak tangga dengan deretan pohon pakis akan membersamai langkahmu menuju ke lokasi. Nah, yang paling menarik dari tempat ini adalah pancuran airnya yang terbelah. Seakan, kamu melihat dua air terjun kembar yang bersisian. Pastinya, menarik sekali untuk membahas tentang destinasi wisata Jawa Tengah yang satu ini lebih jauh.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Jumog

Fasilitas Air Terjun Jumog
Image by @abdikurnia

Untuk menambah kenyamanan dari pengunjung, pihak pengelola wisata Karanganyar ini juga melengkapinya dengan fasilitas berupa:

  • Kolam renang
  • Kamar mandi ganti
  • Toilet
  • Area parkir yang luas
  • Warung kuliner

Jam buka dan aktivitas yang dapat dilakukan

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung bisa datang antara pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Air Terjun Jumog juga buka setiap hari, yaitu dari hari Senin sampai Minggu.

Jam Buka Air Terjun Jumog
Image by @joshita_kd

Di destinasi wisata air ini, ada aktivitas menarik dan seru yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Diantara aktivitas seru yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Berenang di Air Terjun Jumog

Aktivitas umum yang biasa dilakukan di air terjun adalah berenang. Dengan airnya yang menyejukan akan membuat hati, pikiran, dan badan pun ikut sejuk. Ditemani kicauan burung, angin yang menambah hawa dingin, serta pohon-pohon yang rindang. Pengunjung bisa sepuasnya berenang di sini, tetapi perhatikan selalu keselamatan diri, ya!

  • Berenang di Kolam Renang

Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas kolam renang dengan konsep semi waterpark. Wahana ini tentu saja cocok untuk didatangi bersama dengan anak-anak. Terlebih, tempat ini menawarkan air yang langsung dari sumbernya. Pastinya lebih segar, ya!

  • Berswa-foto dengan Spot Alam

Hal yang tidak mungkin dilewatkan saat liburan adalah berfoto. Hampir semua orang pasti mendokumentasikan sebuah momen liburan. Di Air Terjun Jumog ini juga terdapat spot-spot foto yang jika diambil dari sudut kamera yang pas, akan menghasilkan sebuah potret yang fotogenic banget.

  • Trekking di Air Terjun Jumog

Kalau kamu tidak suka basah-basahan, silakan jalan-jalan saja menyusuri setiap jengkal lokasi wisata. Kamu bisa merasakan nuansa eksotis dengan terdengarnya siulan burung dan riak-riak air yang bening.

Oh, ya, jika kamu datang pada pagi hari, kamu bisa saja mendapatkan keindahan alam yang sulit ditemukan di lain lokasi. Biasanya, pada pukul 10 pagi akan muncul warna pelangi di kawasan air terjun. Menarik, kan?

Lokasi dan Rute menuju ke Air Terjun Jumog

Lokasi Air Terjun Jumog berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya berada di Dusun  Berjo. Tempat ini masuk ke Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Di sekitar air terjun juga ada Air Terjun Parang Ijo.

Lokasi Air Terjun Jumog
Image by @erikdj_

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju Air Terjun Jumog ini dapat melewati Jalan Raya Solo-Tawangmangu lurus terus ke timur menuju Jalan Lawu, selanjutnya ke arah timur ke Jalan Karangpandan, Ngargoyoso. Nah, pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di Ngargoyoso. Lalu berjalan lah sekitar 37,5 km yang ditempuh dengan waktu berkisar 1 jam lebih menuju lokasi wisata air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Harga Tiket Air Terjun Jumog
Image by @fitroh_arianto

Jika tertarik dengan wisata satu ini, pengunjung tidak perlu merogoh receh terlalu dalam. Pasalnya, harga tiket yang dibayarkan pun tergolong sangat murah.

KeteranganHarga
Tiket Masuk (Warga Lokal)Rp. 5.000,- / orang
Tiket Masuk (Warga Mancanegara)Rp. 15.000,- / orang
Parkir MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
Parkir BisRp. 15.000,-
Mandi Air HangatRp. 5.000,-

Siapkan diri untuk bermain air di tempat ini. Segala yang kamu bayangkan tentang air terjun laiknya surga, di sinilah tempatnya. Jika kamu bukan pecinta backpacker, silakan bergabung dengan paket wisata jogja dari tripjogja.co.id. Percayakan liburan serumu dengan agen travel terpercaya di Jogja dan sekitarnya ini.

Jadikan mutiara tersembunyi ini menjadi mutiara yang bersinar. Yuk, viralkan Air Terjun Jumog di media sosialmu! Bagikan postingan ini di beranda facebook dan feed instagram.

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu