Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Pemandian alami dengan dikelilingi taman bunga-bunga, sangat indah dibayangkan bukan. Tempat tersebut benar-benar ada di Indonesia, ya itulah Taman Sungai Mudal. Tepatnya di Kabupaten Kulon Progo, pemandian ini memiliki warna air atau banyu yang unik, yaitu warna biru tosca. Buat para pecinta wisata alam dan air, tempat ini wajib banget untuk dikunjungi.

Destinasi wisata Kulon Progo ini masih terbilang baru. Air di pemandian mudal ini berasal dari tuk atau mata air Mudal yang berada di daerah itu sendiri.

Direkomendasikan, bagi kalian yang ingin datang ke tempat ini. Sebaiknya, datang pada pada waktu musim penghujan, karena debit air yang tinggi serta warnanya yang pasti jernih. Taman Banyu Mudal ini diapit oleh dua air terjun, yaitu Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut.

Fasilitas yang ada di Taman Sungai Mudal

Fasilitas Taman Banyu Mudal
Image by @herman.jogja

Di Taman Sungai Mudal terdapat fasilitas umum yang akan semakin menunjang liburan pengunjung di sini. Nih, liat saja ya ada fasilitas apa di pemandian ini ?

  • Gazebo
  • Tempat parkir
  • Tempat camping ( berkemah )
  • Warung makan
  • Wifi
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Flying fox
  • Pelampung
  • River tubing

Jam Buka dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Taman Sungai Mudal buka tiap hari Senin sampai Minggu, taman atau pemandian ini buka dari pukul 08.00 hingga pukul 17.30 WIB.

Jam Buka Taman Banyu Mudal
Image by : https://bonvoyagejogja.com

Selain menikmati keindahan alamnya, banyak aktivitas atau kegiatan yang dapat pengunjung lakukan di taman ini. Sia-sia rasanya, jika kesini tidak mencicipi semua wahana yang ada di Taman Sungai Mudal ini. Wahana atau fasilitas ini wajib dijajal ya kalau sedang datang kesini :

  • Flying fox

Taman Sungai Mudal menyediakan fasilitas Flying Fox, pengunjung bisa menaiki dari atas pemandian. Pengunjung bisa merasakan sensasi melihat keindahan pemandian dari atas tebing.

  • River Tubing

River tubing menjadi salah satu kegiatan petualangan yang sangat menarik untuk wisata air. Menghanyut dengan ban menjadi sensasi yang menegangkan yang mengasyikan bagi sebagian orang. Di taman ini, kamu juga bisa merasakan sensasi ini di sekitar sungai Taman Banyu Mudal.

  • Trekking

Jika pengunjung tidak bisa atau tidak suka bermain air. Pengunjung juga bisa melakukan trekking di sekitar Taman ini, Kamu dapat berkeliling sekitar taman ini dengan berjalan kaki. Tidak jauh dari tempat ini, juga terdapat Kebun Teh Nglinggo.

  • Berenang

Berenang adalah salah satu kegiatan wajib yang dilakukan jika datang berlibur ke air terjun. Dengan kesegaran airnya yang masih alami, akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar kembali.

  • Wisata Edukasi

Selain untuk bermain air saja, di tempat ini juga menyediakan wisata edukasi. Edukasi yang diberikan berupa pengetahuan tentang ilmu alam dan ekosistem. Warga di sini sadar betul akan rendahnya minat seseorang tentang ilmu alam, sehingga pengelola berusaha menjadikan wisata edukasi ini menjadi belajar yang menyenangkan.

  • Berkemah atau Camping

Kalau Kamu sedang ada kegiatan sekolah atau kampus, atau hanya ingin menikmati tempat ini seharian. Di sini disediakan tempat untuk berkemah, tenda bisa membawa sendiri atau bisa juga menyewa di pengelola.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Taman Sungai Mudal

Taman Banyu Mudal ini masih terletak di kawasan Perbukitan Menoreh, tepatnya berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Taman Banyu Mudal
Image by : http://wisatakaka.com

Rute perjalanan menuju ke wisata Jogja satu ini dapat kamu tempuh, jika dari perempatan Tugu Jogja menuju ke arah barat perempatan Demak Ijo di Ring Road barat, lalu lurus ke Jalan. Godean ikuti petunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo, ambil arah Jalan ke Goa Kiskendo.

Dari pertigaan Goa Kiskenda lurussaja, lalu akan menemui pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap, Kamu tinggal mengikuti papan petunjuk menuju Taman Sungai Mudal.

Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Harga Tiket Masuk Taman Banyu Mudal
Image by : https://www.nasirullahsitam.com

Untuk bisa menikmati eloknya Taman Banyu Mudal, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Kita lihat ya, berapa sih budget yang harus pengunjung keluarkan untuk berwisata di sini :

tabel

Sudah menyiapkan hari belum untuk berwisata di Taman Sugai Mudal? Dengan akses dan harga yang terjangkau, bisa membuat liburanmu lebih berwarna. Tetapi, jika Kamu malas mencari atau menelusuri tempat wisata alam yang menakjubkan,  mampir dan urus semuanya di Paket Wisata Jogja TripJogja.co.id

Sebarkan ulasan wisata Kulon Progo ini yuk di media sosialmu, update juga foto-foto terbaru Kamu di instagram. Jangan sampai keduluan sama yang lain!

Leave a Reply