Pantai Baron Gunung Kidul Ini Dia Info Fasilitas Hingga Harga Tiketnya

Gunung Kidul memang paling terkenal dengan pantai-pantai klasiknya. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Baron. Meskipun banyak muncul tempat rekreasi baru, Baron tetap eksis dengan adanya fasilitas terbaru. Sehingga, tampilan dari objek wisata ini seakan berbeda dan lebih tertata.

Mengulik sejarahnya, nama Pantai Baron ini diambil dari warga Belanda yang pertama kali berlabuh. Dikarenakan memiliki teluk yang eksotis serta bibir pantai yang menjorok, sehingga lokasinya tepat untuk melabuhkan kapal. Karena kesaktian dari Baron Sekeber dan pengaruhnya pada masyarakat sekitar, pantai ini pun disebut dengan Baron.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas Pantai Baron
Image by @anandaputriaf

Pantai Baron saat ini menawarkan banyak fasilitas yang semakin lengkap untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Diantaranya adalah:

  • Tempat Ibadah
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Toilet Umum
  • Kios Cinderamata
  • Toko Oleh-oleh
  • Area Parkir

Jam Buka Dan Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Untuk bisa berekreasi di pantai yang keren ini, Kamu harus tahu jam operasionalnya, ya! Nah, Pantai Baron dibuka sepanjang waktu, maksudnya, 24 jam. Jadi, Kamu bisa datang kapan saja selama sesuai sama itinerary liburanmu.

Jam Buka Pantai Baron
Image by @cicihdn

Meskipun misteri Pantai Baron dan hubungannya dengan penjelajah Belanda tersebut masih sangat lekat dengan tempat ini. Namun, wahananya membuat banyak orang tetap menjadikannya destinasi utama di Jogja. Hal ini dikarenakan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti:

  • Menyaksikan View yang Cantik dari Atas Tebing

Kamu tidak hanya bisa bermain air dan pasir saja, lho! Keindahan Baron bisa dieksplor dari atas tebing. Di atas tebing juga ada mercusuar yang berfungsi untuk menavigasi kapal laut. Selain itu, mercusuar juga bisa menandai lokasi berbahaya di sekitar tempat wisata ini.

  • Menikmati Senja di Baron Techno Park

Baron Techno Park adalah Pembangkit Listrik yang menggunakan tenaga alam. Namun, justru suasana pada penghujung senjanya yang selalu diburu oleh wisatawan.

  • Gardu Pandang Bentuk Hati

Pantai Baron 2019 semakin lengkap wahananya. Salah satu yang paling mencolok adalah adanya gardu pandang bentuk hati. Pastinya, tempat ini menawarkan spot foto yang instagenic.

  • Menikmati Permainan Anak

Kalau Kamu datang bersama keluarga, tidak perlu risau. Sebab, di Pantai Baron tersedia wahana permainan anak berupa perahu mesin. Kamu dan anakpanak bisa mengelilingi pantai ini dengan lebih leluasa.

  • Menyaksikan Larung Sesaji

Kalau beruntung, Kamu akan datang di Pantai Baron saat masyarakat sedang melakukan Larung Sesaji. Nah, upacara adat ini memiliki nuansa yang magis sehingga setiap pemirsa akan menyaksikan dengan khidmat. Nah, Larung Sesaji ini dilakukan untuk berterimakasih pada Tuhan atas rejeki dan berkah di sepanjang tahun.

  • Berburu Kuliner

menggelar tikar di bawah pohon adalah aktivitas klasik yang menyenangkan. Meskipun terkesan kuno, justru dari sini lah quality time dengan keluarga atau pasangan bisa tercipta. Nah, sembari bersantai, Kamu bisa memesan kuliner yang lezat di sepanjang lokasi pantai.

Lokasi dan Rute Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang. Untuk patokan, Kamu juga bisa mencatat lokasi berdasarkan kecamatannya yakni di Tanjungsari. Kalau kabupatennya sudah pasti tahu, kan? Ya, betul, di Gunung Kidul.

Lokasi Pantai Baron
Image by @rismaaaaaaaaaa_05

Untuk mencapai lokasi, Kamu bisa menaiki transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Kalau kebetulan Kamu backpacker-an, silahkan mulai dari Terminal Bus Giwangan. Setelah itu, Kamu bisa naik bus menuju ke Terminal Wonosari. Kalau sudah, naik bus lagi dengan tujuan langsung ke Pantai Baron.

Harga Tiket Pantai Baron

Harga Tiket Masuk Pantai Baron
Image by @dhabittransjogja

Meskipun wahana dan fasilitas tempat wisata Jogja ini sudah semakin baik dan komplit, tetapi harga tiketnya masih murah banget! Tidak percaya? Silahkan cek di daftar berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 10.000,- / orang
Parkir Sepeda MotorRp. 2.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-
Parkir BusRp. 10.000,-
Naik TebingRp. 5.000,-
MercusuarRp. 5.000,-

Nah, sangat menarik menjelajahi pantai dengan segala fasilitas dan wahananya, kan? Kamu juga harus banget ke Jogja dan menikmati banyak tempat wisata lain. Kalau membutuhkan paket wisata, pastikan Kamu bergabung dengan Tripjogja.co.id. Kamu bisa merencanakan paket wisata di Jogja dengan lebih mudah dan terarah.

Yuk, hubungi kami segera dan dapatkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan di Pantai Baron. Tidak ketinggalan juga tempat wisata sekitar seperti Pantai Drini dan Pantai Indrayanti. Bagaimana, tertarik untuk menyambangi pantai yang unik ini?

⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇⬇

Hubungi Advisor Tripjogja

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chat via Whatsapp

TRIPJOGJA™​ Office
Tambak Mas Kav. 94, Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta – INDONESIA

Leave a Reply

Close Menu