Arief Ramadhan

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger Jogja yang saat ini tinggal di Pekanbaru. Lagi hobby menulis tentang Wisata dan Kuliner.

Penggila makanan pedas tidak boleh melewatkan wisata kuliner Jogja yang satu ini. Ya, betul sekali, Oseng Mercon Bu Narti. Warung ini, konon, menjadi pionir dari masakan dengan rasa yang menggigit lidah di Jogja. Bahkan, penjual menuturkan bahwa mampu menghabiskan cabai sampai 10 kilo setiap harinya. Amazing!

Warung tenda ini sudah ada semenjak tahun 1998 lalu. Sampai saat ini sudah sangat kondang ke berbagai daerah. Jika mencicipi panganan yang satu ini dijamin Kamu akan membelalakkan mata sembari menyeka keringat yang bermunculan di dahi. Kalau istilah Jawa-nya “gobyos kotos”. Pastinya penasaran dengan kuliner ini, kan? Yuk, bahas lebih lanjut!

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Oseng Mercon Bu Narti
Image by : @jogjainstafood

Sebagaimana warung tenda pada umumnya, Kamu tidak bisa berekspektasi terlalu tinggi pada fasilitas yang disediakannya. Namun, bukan itu tujuan utamanya, melainkan sebuah sensasi makan Oseng Mercon Bu Narti dengan segala kesederhanaannya. Nah, fasilitas warungnya meliputi:

  • Tempat makan lesehan
Baca Juga:  Goa Jomblang: Sulit Memilih Kalimat Yang Pas Untuk Mendeskripsikannya

Jam Buka dan Menu yang Disajikan

Oseng Mercon Bu Narti bisa dikategorikan sebagai kuliner malam di Jogja. Warung ini adalah salah satu rekomendasi oseng mercon Jogja yang sudah terkenal. Jam bukanya sendiri adalah mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Pastikan tidak datang lebih dari jam operasionalnya, ya!

Jam Buka Oseng Mercon Bu Narti
Image by : @nurhasim9844

Untuk menu yang tersedia di warung ini tidak hanya oseng mercon saja, tetapi juga beberapa varian makanan yang lain. Lengkapnya bisa Kamu simak di bawah ini:

  • Oseng Mercon

Mercon artinya petasan. Mengapa makanan ini disebut dengan oseng mercon? Yang pasti karena bisa meledakkan mulutmu dengan rasa pedasnya. Sebenarnya, jika dilihat sekilas, Kamu tidak akan mendapati yang spesial dari oseng ini.

Hanya makanan yang terdiri atas nasi putih, serta oseng sederhana. Oseng itu dibuat dari perpaduan antara kulit, gajih, kikil, serta tulang muda daging sapi. Makanan sejenis ini di Jogja disebut juga dengan istilah “koyoran”.

Penampilannya sangat berlemak, dilengkapi cabai rawit yang melimpah di sekitarnya. Tips saat menikmati sajian ini adalah bersegeralah disantap setelah Oseng Mercon Bu Narti disajikan. Sebab, apabila dibiarkan terlalu lama akan langsung membeku dan tidak lezat lagi.

  • Menu Lain

Menu utama yang ditawarkan di Oseng Mercon Bu Narti memang oseng-osengnya. Tetapi, ada juga beberapa makanan lain yang bisa Kamu pesan. Mulai dari ayam, lele, hingga burung puyuh. Menu tersebut bisa menetralkan lidah setelah kepedasan.

  • Minuman

Tersedia juga minuman yang dapat Kamu pesan untuk melegakan tenggorokan setelah disambar oleh mercon di dalam mulut.

Baca Juga:  Pantai Depok: Nikmatnya Menyantap Hidangan Laut Segar Hasil Tangkapan Sang Nelayan

Alamat dan Rute Menuju Oseng-Oseng Bu Narti

Warung sederhana dengan rasa yang meledak-ledak ini konon pemberian namanya tercetus oleh Cak Nun, Seorang budayawan yang tersohor di Jogja dan Indonesia. Kalau Kamu juga ingin menikmati sajian yang disukai oleh para pesohor, datang saja ke alamat Oseng Mercon Bu Narti di Gang Purwodiningratan. Tepatnya di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jogja.

Alamat Oseng Mercon Bu Narti
Image by : @wiyono6505

Untuk menuju ke Oseng-Oseng Bu Narti, dari Titik Nol Km, silakan ke arah barat. Setelah itu, lurus saja sampai ke PKU Muhammadiyah, setelah itu sejauh 100 meter, Kamu akan bertemu dengan Warung Gulai Kepala Ikan Bank Jo. Kamu lihat saja tenda Oseng Mercon tepatnya ada di seberang warung gulai tadi.

Baca Juga:  Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa Yang Tak Boleh Terlewatkan Sama Sekali

Harga Menu

Harga Menu Oseng Mercon Bu Narti
Image by @banjarmasinfood

Setiap porsinya, menu di warung ini tidak terlalu mahal. Kamu bisa mempersiapkan budget terlebih dahulu untuk berbagai makanan-makanan ini:

KeteranganHarga Menu
Nasi PutihRp. 3.000,- / porsi
Oseng MerconRp. 30.000,- / porsi
Aneka Minumanmulai dari Rp. 5.000,-

Harap diperhatikan untuk Kamu yang punya kolesterol tinggi, sebaiknya waspada. Sebab, makanan di sini bikin nagih banget. Nah, perhatikan pula parkir kendaraannya karena tidak tersedia area yang luas, melainkan hanya bahu jalan.

Ingin mencicipi sensasi disambar oleh mercon oseng-nya Bu Narti? Plus jalan-jalan ke seluruh penjuru Jogja? Yuk, gabung bersama tripjogja.co.id yang akan membawamu ke petualangan tak terlupakan.

Nah, bagikan juga artikel ini ke teman-temanmu di media sosial agar wawasan kulinernya semakin bertambah. Tunggu apa lagi, Oseng Mercon Bu Narti selalu menanti!

Leave a Reply

Close Menu