12 Tempat Nongkrong dan Cafe Yang Instagramable di Jogja

Yogyakarta dikenal memiliki banyak tempat nongkrong yang asyik untuk mengobrol sambil menikmati secangkir kopi. Tidak hanya angkringan, ada lho tempat yang seru untuk nongkrong. Berikut ulasan 13 tempat nongkrong unik di mana Anda bisa santai berbincang bersama kawan maupun keluarga.

Desa Albasta

Desa Albasta
Instagram.com on @tantoelfaz

Rekomendasi pertama adalah Desa Albasta atau lengkapnya Desa Albasta Coffee & Resto. Tempat ini masih termasuk satu kawasan dengan Asram Edupark. Keunikannya adalah konsep lesehan di luar ruangan dengan bean bag sebagai tempat duduk. Suasananya juga asri dan lapang sehingga Desa Albasta cocok juga untuk tempat kuliner keluarga. Meskipun berkonsep outdoor, ada pula area indoor yang berupa joglo.

Harga menu yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000 sampai Rp21.000. menu minumannya cukup beragam, mulai dari espresso based, manual brewed coffee, berbasis teh, latte, sampai minuman dingin. Sementara itu, menu makanan ada bermacam lauk, sayur, hingga gorengan.

Anda bisa menemukan fasilitas cukup lengkap, antara lain area parkir, toilet, ruang sholat, spot foto, area merokok, bahkan live music. Kemudian, jam operasionalnya mulai pukul 14.00 sampai 21.00 WIB.

Lokasi Desa Albasta berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jogja dan masih termasuk kawasan Asram Edupark. Titik tepatnya adalah Jl. Puspita Baru, Jomblang, Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Blanco Coffee and Books

Instagram.com on @osuryata

Namanya sudah menunjukkan keunikan kafenya. Ya, Blanco Cafe menggabungkan kafe dan perpustakaan. Anda bisa membaca bermacam-macam buku berbahasa Indonesia, Inggris, Prancis, bahkan Belanda. Keunikan lain adalah kafe ini memiliki lahan pertanian dan pusat pengolahan kopi sendiri di Aceh.

Blanco Coffee and Books memang tidak terlalu luas tetapi memiliki nuansa tenang. Anda dapat ngobrol bersama sahabat atau mengerjakan tugas sambil menikmati racikan kopi dengan taste yang khas. Selain bermacam variasi menu kopi, Anda juga bisa memesan bermacam makanan ringan. Satu hal lagi yang patut diapresiasi adalah kafe ini sudah tidak menggunakan sedotan plastik.

Anda bisa mengunjungi Blanco Café mulai pukul 08.00 pagi hingga 12.00 malam. Kisaran harga menu di kafe mulai dari Rp16.000. Kemudian, lokasinya sangat strategis karena dekat dengan pusat kota. Alamatnya di Jl. Kranggan No. 30, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Filosofi Kopi Jogja

Instagram.com on @yumnasptr

Filosofi Kopi Jogja merupakan cabang dari Filosofi Kopi Jakarta. Namanya pun diambil dari judul film yang populer saat itu. Konsumen yang dituju juga jelaslah kawula muda.

Filkop Jogja berdiri di lahan seluas 1000 meter persegi. Konsep yang diusung adalah nuansa Jawa. Anda akan menemukan beberapa joglo berbahan kayu jati. Kafe ini memiliki nuansa klasik yang kental. Anda dapat memilih duduk di dalam joglo dengan kursi maupun lesehan. Namun, Anda juga bisa memilih tempat duduk di halaman luar dengan pemandangan asri dan jauh dari ramainya lalu lintas. Anda juga bisa melihat lereng Merapi jika sedang beruntung.

Kafe menawarkan bermacam menu kopi seperti kopi hitam, berbagai menu white coffee, sampai menu brew. Anda juga bisa memesan menu kopi dingin yang diseduh manual. Untuk kawan menikmati sajian kopi, Anda bisa memesan beberapa menu camilan seperti kentang goreng, lumpia, atau bermacam kue. Anda memang tidak dapat memesan menu makanan berat di sini.

Kisaran harga minuman kopinya antara Rp15.000 sampai Rp35.000, sedangkan makanan pendampingnya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp40.000. Kemudian, ada juga pilihan kue khas Filkop Jogja dengan variasi harga antara Rp10.000 sampai Rp30.000.

Jam operasional Filkop Jogja adalah pukul 07.00 sampai 23.00 WIB setiap hari. Alamatnya di Jl. Pandhawa No. 001/17, Tegalrejo, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Café Brick Jogja

Instagram.com on @cafebrickjogja

Anda ingin menyesap secangkir kopi dengan atmosfer Eropa? Datanglah ke Café Brick Jogja di Sleman. Keunikan kafe ini tentu saja adalah konsep suasana vintage Eropa.

Nuansa vintage ditampilkan dalam interior menarik. Demikian pula dengan suasana teras kafe. Anda dapat menemukan banyak spot foto yang sangat instagenik di Café Brick.

Baca Juga:  Stop! Jangan Ninggalin Jogja Sebelum Bawain 6 Oleh-oleh Khas Ini Buat Keluarga Di Rumah.

Menu yang ditawarkan juga ada menu ala Barat maupun Asia dengan kisaran harga Rp20.000 sampai Rp150.000. Kafe ini juga menawarkan paket kopi dan menu pendamping dengan harga terjangkau. Anda bisa menanyakan langsung ke kasir untuk paket yang tersedia.

Anda dapat mengunjungi kafe setiap hari dengan jam operasional 24 jam. Lokasinya berada di Jl. Damai No.8, Tambakan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Epic Coffee & Epilog Furniture

Instagram.com on @epic_coffee

Kafe berdesain unik selanjutnya adalah Epic Coffee & Epilog Furniture yang juga memiliki banyak unsur kayu dalam interiornya. Epic Coffee menawarkan nuansa kafe di dalam toko furniture. Furniture dari kayu yang terpajang artistik tersebut juga bisa Anda beli. Meski di dalam toko furniture, kafe sangat luas dan lapang. Anda tetap akan merasa leluasa menikmati nuansa kafe yang sangat instagenik.

Sementara itu, area outdoor juga menawarkan suasana taman yang nyaman. Anda akan betah bercengkrama bersama sahabat maupun keluarga di teras atau halaman berumput. Anda bisa menikmati kopi sambil menikmati kesegaran pemandangan di luar kafe.

Menu di Epic Coffee cukup bervariasi, baik untuk minuman kopi maupun makanan. Anda bisa memesan menu masakan western di sini. Oiya, Anda juga bisa memilih jenis biji kopi sesuai selera Anda. sampaikan saja kepada barista yang selanjutnya akan meracik minuman Anda.

Kisaran harga menunya mulai dari Rp25.000 sampai Rp100.000. Kemudian, kafe buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 23.00 WIB.

Alamat cafe di Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 29, Mudal, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Roaster And Bear Café Jogja

Instagram.com on @yuliadamayanti

Keunikan kafe berikut terletak pada interior yang bertema beruang. Anda dapat menemukan boneka beruang raksasa sebesar orang dewasa di sudut kafe. Kemudian, dinding kafe Roaster And Bear juga dipercantik dengan gambar-gambar beruang yang unik. Bahkan hiasan pada latte pun berbentuk beruang. Menarik, bukan?

Kafe menyediakan bermacam menu minuman mulai minuman tradisional sampai modern. Sementara menu makanan mencakup western, Asian, fusion, dan Indonesian food. Roaster And Bear melayani pengunjung mulai pukul 11.00 sampai 22.00 WIB setiap hari.

Lokasinya dekat dengan Tugu Jogja dan bergabung dengan Hotel Harper by Aston. Anda bisa masuk melalui lantai M atau Ground sebelum pintu masuk hotel. Alamat tepatnya di Jl. P. Mangkubumi No. 52, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Silol Kopi dan Eatery

Instagram.com on @my_rifkirosady

Silol Kopi mengusung tema industrial klasik. Anda dapat melihat banyak barang vintage seperti vespa, mobil VW, sampai becak. Namun, ada juga bagian kafe yang memiliki pendingin ruangan dan non-smoking. Kafe ini memiliki banyak spot yang sangat instagenik.

Fasilitas Silol Kopi tidak hanya area parkir dan tempat yang luas, tetapi juga ada layar raksasa dan proyektor, ruang pertemuan, hingga panggung. Anda juga bisa memilih duduk di rooftop dengan city view yang mengagumkan.

Keunikan Silol Jogja adalah buka 24 jam setiap hari. Anda bisa datang kapan pun. Kemudian, kafe menawarkan bermacam menu. Anda juga bisa memesan makanan berat. Ada paket hemat berisi kopi dan camilan yang harganya kurang dari Rp20.000. Menu kopinya berkisar antara Rp20.000 hingga Rp30.000.

Alamatnya di Jl. Suroto, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Secret Garden Coffee and Chocolate

Instagram.com on @secretgardenjogja

Secret Garden menawarkan konsep cafe kebun di tengah kota. Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati suasana taman yang nyaman. Bagian outdoor cukup lapang sehingga anak-anak bisa leluasa bergerak dan para orang dewasa akan bebas berbincang juga.

Karena cocok dikunjungi keluarga, Secret Garden Jogja pun menyediakan menu yang bisa dinikmati orang dewasa maupun anak-anak.

Secret Garden buka mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB sehingga sangat pas bagi Anda yang mencari tempat untuk menikmati suasana sore atau untuk makan malam.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Nasi Goreng Enak dan Paling Laris di Jogja

Lokasinya di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No. 2, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Carney Co

Instagram.com on @carney_co

Carney Co baru mulai buka pada 2020 atau saat pandemi dengan konsep minimalis. Ada bangunan cafe dua lantai yang lumayan besar. Kedua lantai tersebut adalah area indoor yang menjadi satu dengan bar. Kemudian, ada pula area outdoor yang begitu populer karena keberadaan bean bag warna-warni.

Anda juga bisa melihat keunikan lain Carney Co, yaitu bangunan tembus pandang berbentuk segitiga. Salah satu spot foto yang sangat instagenik! Kemudian, Anda pun bisa menikmati keindahan matahari tenggelam di sini.

Anda bisa mengobrol bersama teman dan keluarga maupun mengerjakan tugas kuliah sambil menikmati menu yang tersedia. Kafe Carney Co menawarkan bermacam menu mulai dari bermacam varian minuman kopi, aneka jus, makanan ringan, sampai makanan berat. Harga menu berkisar antara Rp25.000 sampai Rp50.000.

Jam operasional kafe mulai pukul 11 siang sampai 1 malam sehingga Anda cukup leluasa memilih waktu kedatangan. Alamat kafe adalah Jl. Garuni II, Kledokan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Via Via Jogja

Instagram.com on @w.e.s.t.life

Via Via Jogja didirikan sejak 1995 oleh orang Belgia. Via Via lebih ke arah restoran yang menyediakan menu lokal. Selain restoran, Anda juga bisa menemukan bakery sampai guesthouse. Bahkan setiap hari Minggu Anda bisa menikmati musik jazz secara live di Via Via Prawirotaman.

Pengelolaan Via Via sudah ramah lingkungan. Sebagian besar area sudah bebas asap rokok, termasuk yang dekat area untuk anak-anak. Namun, Anda masih bisa merokok di area terbukanya. Di sini Anda tidak akan menemukan sedotan plastik. Uniknya, mereka menggunakan besek untuk mengemas makanan yang akan dibawa pulang.

Selain menu lokal, Via Via Jogja juga menawarkan variasi menu vegan dan vegetarian. Mereka menggunakan beras dan sayuran organik serta tidak memakai MSG dan minyak kelapa sawit. Kisaran harganya antara Rp14.000 sampai sekitar Rp120.000 per menu.

Via Via buka mulai pukul 8 pagi hingga 11 malam. Lokasinya di Jl. Prawirotaman No. 30, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Jeeva Yogyakarta

Instagram.com on @jeeva.yogyakarta

Jeeva Yogyakarta menawarkan suasana tempat nongkrong unik yang sangat instagenik. Ada area indoor maupun outdoor. Bangunannya khas bangunan kuno peninggalan kolonial, tetapi interiornya cukup minimalis. Fasilitas cukup lengkap dan sangat menunjang Anda yang butuh kenyamanan untuk bekerja maupun sekadar mengobrol dengan teman.

Jeeva cafe buka mulai pukul 10 pagi sampai 11 malam setiap hari. Anda bisa memesan bermacam minuman mulai dari teh, kopi, jus sampai mocktail. Kemudian, Anda juga bisa memilih makanan khas Nusantara, seperti Soto Betawi dan Ayam Woku. Harga menunya mulai Rp20.000.

Lokasi Jeeva Jogja hanya berjarak sekitar 1,8 km dari Stasiun Lempuyangan. Alamatnya di Jl. Suhartono No. 2, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

Cinema Bakery

Instagram.com on @budalrek

Berdiri pada 2013, awalnya Cinema Bakery berkonsep cinema karena dekat dengan bioskop. Setelah pindah lokasi, konsep cafe semi-outdoor berpadu dengan desain rumah jawa limasan tanpa bahan modern. Maka, Cinema Bakery menawarkan nuansa toko kue ala Prancis dalam balutan bangunan tradisional jawa.

Toko kue ini menyediakan bermacam pastry, roti, kue, hingga minuman. Anda bisa menikmati menu pesanan di samping kafe atau mungkin di area hutan mini. Jika akan membawa pulang kue, Anda akan mendapatkan wadah berupa paper bag yang bahannya dari kulit telur dan kulit coklat. Unik, bukan?

Anda bisa datang ke Cinema Bakery setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 8 malam. Kemudian, alamatnya saat ini di Jl. Yudistira, Wonorejo, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

KESIMPULAN

Demikian 12 rekomendasi tempat nongkrong unik yang bisa Anda kunjungi. Anda dapat memilih tempat dengan suasana sesuai selera. Paket wisata Jogja selalu berusaha memberikan ulasan menarik dan terpercaya. Jadi, jangan lewatkan update dari kami.

Rate this post
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2024 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram