11 Gudeg Jogja yang Hits dan Patut Dicoba ketika Liburan di Jogja

Jogja tidak bisa dilepaskan citranya dari gudeg. Gudeg dan Jogja merupakan sebuah kesatuan. Jadi tidak heran jika Jogja selalu disebut sebagai kota gudeg karena gudeg merupakan makanan khas Jogja. 

Hidangan gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan tambahan lauk telur, ayam, tahu, tempe, krecek pedas. Rasanya? pastinya sangat enak. 

Ketika Anda berlibur ke Jogja, tidak akan lengkap jika Anda tidak mencicipi gudeg atau membawa oleh-oleh gudeg ini. Anda bisa menyimak ulasan kami mengenai gudeg yang hits dan terkenal di Jogja ini. Yuk cuss! 

Gudeg Yu Djum 

gudeg yu djum
instagram.com @dapurbogarasa

Gudeg Yu Djum termasuk pionir dan termasuk yang terkenal dalam dunia gudeg yang ada di Jogja. Gudeg ini didirikan oleh Ibu Djuwariyah (Yu Djum) pada tahun 1951. Gudeg ini berawal di sebelah selatan Plengkung Wijilan, dengan lapak kecil dan meja kursi sederhana. 

Awalnya, Yu Djum membawa gudeg tersebut naik becak dari rumahnya di Mbarek sampai kemudian di tahun 1985, gudeg Yu Djum resmi memiliki warung di daerah Wijilan. 

Gudeg Yu Djum ini cita rasanya lebih ke manis legit dan jenisnya adalah gudeg kering. Anda bisa memesan nasi gudeg dengan varian lauk telor, ayam suwir, tahu, tempe dan jangan lupa krecek dengan kuah pedasnya. Hmmm, enak benar. 

Gudeg Yu Djum ini memiliki dua lokasi dengan dua manajemen terpisah. Yang pertama adalah Gudeg Yu Djum Pusat dan Gudeg Yu Djum Widjilan 167.  

gudeg yu djum 2
instagram.com @itsnanapipao

Lokasi: 

Gudeg Yu Djum Pusat, Jalan Kaliurang km 4,5 Mbarek, Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum Widjilan 167, Jalan Wijilan 167, Panembahan, Kraton, Yogyakarta

Jam Buka: 

Gudeg Yu Djum Pusat: 07.00 – 21.00 WIB 

Gudeg Yu Djum Widjilan 167: 05.00 – 19.00 WIB 

Harga: Rp. 13.000 – Rp.52.000 (tergantung paket yang dipilih) 

Gudeg Pawon 

gudeg pawon 1
instagram.com @pesansajacom

Salah satu rekomendasi gudeg enak di Jogja adalah Gudeg Pawon“Pawon” dalam bahasa Jawa berarti dapur. 

Benar, Anda diundang untuk turun sendiri masuk ke dapur Gudeg Pawon untuk melihat bagaimana proses gudeg tersebut disiapkan.  

Keunikan ini yang membuat banyak orang datang ingin mencoba gudeg Pawon, selain karena cita rasa khasnya. 

Gudeg Pawon ini seperti halnya gudeg lain yang ada di Jogja memiliki cita rasa khas yang manis tapi tidak terlalu manis. Gudeg Pawon ini merupakan jenis gudeg basah. Jadi tidak legit seperti Gudeg Wijilan.  

Menu yang ditawarkan adalah nasi gudeg kemudian ada banyak lauk pendamping yang bisa Anda pilih. Ada telor, atau ayam kampung yang bisa Anda pilih bagian mana yang ingin Anda makan. Bisa juga dalam bentuk suwir. 

Jangan lupa tambahkan krecek pedas atau kuah areh yang gurih. Jadi bagaimana? Mau mencoba? Yuk, segera ke lokasi. Jangan sampai kehabisan ya. 

gudeg pawon 2
instagram.com @jogjamaze

Lokasi: Jalan Janturan No. 36 – 38, Warung Boto, Yogyakarta 

Jam Buka: mulai pukul 21.30 sampai habis (biasanya hanya buka 3 jam hingga tengah malam) 

Harga: Rp. 11.000 – Rp. 24.000 

Gudeg Bromo

gudeg bromo 2
instagram.com @wisan.123

Gudeg Bromo atau nama sebenarnya adalah Gudeg Bu Tekluk adalah salah satu gudeg terkenal di Jogja. Gudeg ini sudah eksis sejak tahun 1984. 

Nama “tekluk” sendiri bermakna terkantuk-kantuk sampai kepala tertunduk dalam bahasa Jawa. Memang demikianlah adanya. Bu Sumijo, begitu nama sebenarnya, terkantuk-kantuk menunggu pelanggan. Dari situlah nama “tekluk” berasal. 

Gudeg Bromo Bu Tekluk ini menyediakan gudeg basah dengan cita rasa gurih dan pedas. Agak berbeda dengan gudeg pakem Jogja yang dominan rasa manisnya. Sebagai lauk pendamping, ada berbagai macam yang bisa Anda pilih, mulai dari telur, suwiran ayam kampung, ati, ampela, paha, dada, sayap, tahu, tempe bacem. 

Ada yang unik dari warung gudeg ini. Warung ini tidak menggunakan ampas kelapa atau blondo di kuah arehnya seperti gudeg pada umumnya. Bu Sumijo, pendiri warung gudeg Bromo ini mengganti ampas kelapa tersebut dengan kacang tanah. 

Nasi gudeg dengan siraman areh kacang ini  memberikan sensasi cita rasa yang agak berbeda dari gudeg biasanya. Rasanya lebih gurih dan kental karena tekstur areh kacang ini. Patut dicoba. 

gudeg bromo 1
instagram.com @wisan.123

Lokasi: Jalan Affandi No. 2A, Santren, Caturtunggal, Depok, Sleman

Jam Buka: 23.00 – 05.00 WIB

Harga: Rp. 13.000 – Rp. 52.000

Gudeg Permata 

gudeg permata 1
instagram.com @vevee81

Gudeg Permata atau gudeg Permata Bu Narti adalah gudeg selanjutnya yang patut untuk dimasukkan ke dalam bucket list kuliner Anda selama di Jogja. 

Gudeg Permata ini masuk ke dalam jajaran gudeg legendaris Jogja. Kenapa disebut gudeg Permata? Hal ini karena lokasi warung gudeg Bu Narti ini berada di sebelah bioskop Permata. 

Baca Juga:  12 Tempat Nongkrong dan Cafe Yang Instagramable di Jogja

Gudeg Permata ini sudah beroperasi sejak tahun 1961 dan saat ini dikelola oleh generasi kedua. Meskipun demikian, cita rasanya tidak berubah karena tetap mempertahankan resep warisan pendiri gudeg ini. 

Gudeg Permata ini merupakan gudeg basah dengan cita rasa gurih yang lebih dominan ketimbang manis. Kuah areh yang banyak dan sambal krecek yang pedas merupakan salah satu hal yang disukai oleh para pengunjung. 

Seperti halnya warung gudeg legendaris lainnya, gudeg Permata juga menyediakan nasi gudeg lengkap dengan pilihan lauk pendamping seperti telor, dada, sayap, paha, kepala ayam kampung, tahu, tempe. 

gudeg permata 2
instagram.com @ jajanyogya

Lokasi: Jalan Gadjah Mada No. 02, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta

Jam Buka: 20.00 – 02.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp. 14.000 

Gudeg Mbah Lindu 

gudeg mbah lindu 1
instagram.com @katonbagaskara

Gudeg Mbah Lindu dikenal sejak zaman kolonial dengan cita rasa yang sama seperti yang ada saat ini. Gudeg ini dimulai ketika Mbah Lindu atau Mbok Lindu masih gadis di jaman penjajahan. 

Gudeg Mbah Lindu ini dimasak dengan cara tradisional dan masih menggunakan tungku kayu bakar untuk mempertahankan cita rasa yang sudah ada sejak jaman dulu. 

Mbah Lindu sendiri tidak pernah pelit memberikan takaran bumbu di dalam masakan gudegnya sehingga membuat gudeg olahannya ini khas. Hal itu kemudian masih tetap diteruskan dan dipertahankan oleh generasi selanjutnya. 

Menu Gudeg Mbok Lindu sama seperti warung gudeg lainnya, yakni nasi gudeg atau bubur gudeg dengan pilihan aneka lauk pendamping sesuai pilihan Anda. Lauk pendampingnya khas warung gudeg, yakni telur dan bagian-bagian tubuh ayam kampung. 

Coba buktikan sendiri ya guys! 

gudeg mbah lindu 2
instagram.com @jastipbysg

Lokasi: Jalan Sosrowijayan No. 41-43, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta

Jam Buka: 06.00 – 11.00 

Harga : mulai dari Rp. 15.000 

Mangut Lele Mbah Marto 

mangut lele mbah marto 1
instagram.com @ a.r.i.f.i.n

Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu kuliner legendaris di Jogja. Konon beliau sudah berjualan mangut lele sejak 1960an. Lokasi tempat Mbah Marto berjualan yakni di rumahnya sendiri juga membuat kuliner ini unik.  Pengunjung diundang untuk masuk ke dapurnya dan mengambil sendiri makanan yang hendak dimakannya. 

Menu mangut lele Mbah Marto yang kondang itu adalah mangut lele itu sendiri. Mangut lele adalah lele yang dibumbui kemudian diasap. Pengasapannya masih memakai cara tradisional yakni lele ditusuk dengan gagang bambu lalu diasapi dengan pembakaran dari sabut kelapa. 

Aroma khas asap tercium di ruangan pawon Mbah Marto ini. Mbah Marto sendiri masih mempertahankan memakai tungku kayu dan dengan menggunakan kayu bakar dan arang kayu untuk menjaga cita rasa khas mangut lele tersebut. 

Keunikan lainnya adalah di bumbu mangut lele itu. Mangut lele ini cenderung pedas dan berbumbu yang kental di lidah. Agak berbeda dengan pilihan makanan Jogja yang lebih cenderung manis. 

Anda bisa memakan mangut lele ini dengan pilihan sayur seperti gudeg, opor telur tahu, sayur daun singkong dan beberapa masakan khas Jawa lainnya. 

Dijamin Anda akan nagih terus makan di sini karena memang nendang banget masakannya. Buktikan sendiri lho. 

mangut lele mbah marto 2
instagram.com @ endejajan

Lokasi: Dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta 

Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 25.000 

Gudeg Mercon Bu Tinah 

gudeg mercon bu tinah 1
instagram.com @nongkrong_jogja

Gudeg Mercon Bu Tinah adalah gudeg yang beda. Jika pada umumnya gudeg baik itu yang basah atau kering memiliki rasa yang gurih hingga manis, tidak dengan gudeg Bu Tinah. Meski masih memiliki unsur manis, tetapi itu tidak dominan. 

Gudeg Mercon Bu Tinah seperti halnya namanya, memang seperti mercon. Pedassss. Silakan hitung sendiri cabai yang ada di setiap baskom sajian gudegnya. Kalau Anda mau menguji nyali, perut, dan lidah dengan sajian pedas a la mercon banting, bolehlah melipir ke sini. Dijamin puas. 

Rasa pedas itu terutama datang dari sambal kreceknya yang memang pedas abis. Untuk Anda yang kurang suka dengan gudeg yang manis, dan ingin mencoba yang lain yang lebih menantang, mungkin gudeg mercon ini cocok untuk Anda. 

Sebagai informasi, Bu Tinah atau Ngatinah, sudah berjualan gudeg di seputaran Kranggan sejak tahun 1992. Dengan ciri khasnya gudeg super pedas ini, gudeg mercon Bu Tinah ini telah mendapatkan penggemar setia. 

Menu gudeg mercon Bu Tinah ini selain nasi gudeg dan anek lauk pendamping yang standar seperti umumnya warung gudeg, Bu Tinah juga menambahkan sayur lombok ijo di dalam menunya. 

Baca Juga:  Keren! 10 Lokasi Syuting AADC 2 di Jogja ini Wajib Kamu Kunjungi Kalo ke Jogja!

Pedasnya? Jangan ditanya. Nampol!  

Jangan salah ya, meski Bu Tinah hanya buka di malam hari, pembeli sudah mengular untuk mencoba gudeg mercon ini. Jadi Anda lebih baik datang lebih awal dan sabar mengantri. Jadi, tunggu apa lagi? Gass! 

gudeg mercon bu tinah 2
instagram.com @jastip_by.zevoria

Lokasi: Jalan Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta 

Jam Buka: 21.00 – 01.00 WIB 

Harga : mulai dari Rp. 15.000 

Gudeg Yu Narni 

gudeg yu narni 1
instagram.com @pesansajacom

Gudeg Yu Narni ini merupakan salah satu cabang dari gudeg Mbarek, Jalan Kaliurang. Menu gudeg Yu Narni ini adalah gudeg kering yang disajikan dengan kuah areh yang manis gurih.  

Setiap harinya banyak pengunjung yang mendatangi rumah makan Gudeg Yu Narni untuk menikmati gudeg ini. 

Anda bisa memilih menu nasi gudeg dengan telur atau dengan ayam, tergantung selera. Anda juga bisa membawa gudeg Yu Narni ini sebagai oleh-oleh yang diletakkan di dalam besek atau kendil. 

gudeg yu narni 2
instagram.com @empuk.in

Lokasi: Jalan Magelang km 11, Beran, Sleman

Jam Buka: 05.00 – 17.15 WIB

Harga : mulai dari Rp. 24.000 

Gudeg Mercon Mbak Yuni 

gudeg mercon mbak yuni 1
instagram.com @yudhaarimurti

Gudeg Mercon Mbak Yuni ini memberikan sensasi baru dalam dunia gudeg Jogja. Bersama dengan Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg Mbak Yuni ini menawarkan rasa pedas sepedas mercon di racikan sambal kreceknya. 

Bagi Anda yang memang penggila makanan pedas dan kurang suka makanan manis, Anda boleh mencoba gudeg mercon Mbak Yuni ini karena luar biasa pedasnya. 

Gudeg Mercon Mbak Yuni ini masuk ke dalam kategori gudeg basah dan menekankan kepada rasa pedas gila di dalam sambal kreceknya. 

Selain sambal krecek, Mbak Yuni juga menyiapkan oseng mercon serta soun dalam setiap sajian nasi gudegnya. Bisa dibayangkan sendiri kan, bagaimana lidah Anda akan digoyang rasa pedas ini. 

gudeg mercon mbak yuni 2
instagram.com @yudhaarimurti

Lokasi: Jalan Pangeran Diponegoro No. 100, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam Buka: 18.30 – 21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp. 15.000 

Gudeg Sagan 

gudeg sagan 1
instagram.com @takutkurusakutuh

Gudeg Sagan merupakan ‘adik’ dari Gudeg Permata. Iya, kedua pemilik warung gudeg sendiri. Sang kakak mengelola Gudeg Permata, sementara sang adik memilih mendirikan warung gudeg sendiri. 

Secara konsep penyajian, gudeg Sagan ini mengusung konsep rumah makan yang modern dan bukan lagi lesehan. 

Bertempat di bilangan daerah Sagan, rumah makan Gudeg Sagan berdiri. Cita rasa yang ditawarkan sebenarnya tidak berbeda jauh dari Gudeg Permata, yakni gudeg basah yang gurih. 

Sajiannya juga khas yakni nasi atau bubur dengan gudeg. Lalu ada banyak lauk pendamping seperti umumnya di warung gudeg. Jika Anda merasa cita rasanya masih terlalu manis, Anda bisa menambahkan krecek pedas atau sambal. 

gudeg sagan 2
instagram.com @jajanyogya

Lokasi: Jl. Prof Herman Yohanes No. 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman

Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp. 10.000  

Gudeg Bu Amad 

gudeg bu amad 2
instagram.com @de_dotten

Gudeg Bu Amad adalah gudeg terakhir yang ada di dalam daftar rekomendasi kali ini.  Gudeg ini termasuk gudeg legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960an. 

Gudeg Bu Amad ini masuk ke dalam kategori gudeg basah yang memiliki cita rasa gurih. Jika Anda tidak terlalu suka gudeg yang manis dan legit, mungkin Anda bisa mencoba gudeg Bu Amad. 

Menu yang ditawarkan umumnya sama dengan gudeg lainnya, tapi ciri khas gurih dan kenyal di daging nangka muda yang dipakai sebagai gudeg, terasa benar. 

Oya, gudeg Bu Amad ini tersedia juga dalam kemasan kaleng dengan tiga varian : gudeg telur suwir, krecek, dan telur tahu. 

gudeg bu amad 3
instagram.com @de_dotten

Lokasi: Jalan Kaliurang KM.4,5 Blok CT3 No.5, Jl. Kaliurang No.2, Kocoran, Caturtunggal,  Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Jam Buka: 05.00 – 22.00 WIB

Harga: Rp 12.000 – Rp. 41.000

Kesimpulan

Gudeg merupakan makanan khas Jogja dan sangat ikonik. Tidak ke Jogja rasanya kalau belum menyempatkan diri makan dan wisata kuliner ke warung-warung gudeg terkenal di Jogja.

Setelah membaca ulasan kami mengenai 11 gudeg Jogja yang paling enak ini, kami berharap Anda sudah mempunyai bayangan hendak wisata kuliner kemana saja untuk mencicipi gudeg Jogja yang paling endes enak ini. Jangan sampai Anda melewatkan wisata kuliner gudeg Jogja ini lho. Menyesal kalau sampai kelewat. 

Jika Anda membutuhkan teman jalan-jalan yang bisa diandalkan untuk liburan di Jogja, Anda bisa cek langsung di paket wisata Jogja. Kami siap menemani jalan-jalan Anda di Jogja. Liburan anti ribet lah. Silahkan kontak kami ya. 

Rate this post
ABOUT TRIPJOGJA
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata jogja, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Hunting 085327820111
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2024 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram