Weekend adalah salah satu waktu yang ditunggu tunggu bagi beberapa orang, terutama mereka yang menjalani rutinitas kantor dan pekerjaan lainnya di weekday. Berlibur dan melepas penat adalah kebutuhan tentunya. Sama seperti saat ini, kami merencanakan liburan ke salah satu pantai di Yogyakarta, tepatnya di Gunungkidul yaitu pantai Sepanjang. Pantai Sepanjang ini punya  garis pantai paling panjang yang ada di kabupaten Gunungkidul lho gaes, Pantai Sepanjang terletak tepatnya di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul.

tujuan kita kali ini, pantai kuta! eh bukan hehe pantai sepanjang (via : sewamotordijogjacom)

Rute menuju Pantai Sepanjang dari kota Jogja 
Ada tiga rute untuk menuju Pantai Sepanjang ini, menuju Sepanjang kita akan menempuh 70 km dalam kurang lebih 2 jam perjalanan, untuk jalan nya sudah bagus dan mulus ya 😃😃😃

  1. Rute pertama
    Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Wonosari > Jl. Baron > Kemadang > Pertigaan pantai Baron ke timur > Pantai Kukup ketimur > Pantai Sepanjang. Rute bisa diakses via google map disini.
  2. Rute kedua
    Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Wonosari > Pertigaan mulo ke kiri > Tepus > Pantai Indrayanti > Sundak > Krakal > Pantai Sepanjang . Jika kamu pilih rute yang ini , bisa akses disini.
  3. Rute ketiga
    Yogyakarta > Bantul > Purwosari > Panggang > Saptosari > Pintu masuk ke pantai Baron ambil kiri > Pantai Kukup ke timur > Pantai Sepanjang. Dan Jika kamu pilih Rute ke tiga bisa akses via google map disini.

Kalo mau simpel, bro & sis juga boleh tanya-tanya Paket Wisata Jogja ke Pantai Sepanjang kepada Travel Advisor kami tanpa ada biaya apapun. Kalo mau dateng ke kantor Tripjogja malah sekalian ngopi syanteeeek 😀 😀 😀

mulus ! jalan di Gunungkidul (via :youtube)
Dari tiga opsi kami melilih opsi pertama (rute pertama), diperjalanan kita disuguhkan berbagai macam pemandangan mulai dari wajah jalanan kota Jogja yang memang semakin hari semakin padat saja, kemudian saat jalanan naik ke Gunungkidul kita akan melihat luas kota Jogja dari ketinggian, sejenak mengagumi betapa kerennya tanah Jogja. Berjalan terus kita akan  memasuki Jalan Baron ,nah di sini akan kelihatan deh ciri khas dari daratan Gunungkidul yang naik turun, dan tentu aroma batuan karst  icon dari Kabupaten gunungkidul sendiri.
Terlihat pintu masuk pantai Sepanjang (via : piknikwaecom)

Sudah 2 jam lebih nih hehe karena perjalanan yang asyik tak terasa sampailah di jalan masuk Pantai Sepanjang, dari sini kita akan masuk disambut jalanan menurun ke arah pantai. Sebenarnya bagi yang sudah pernah ke Pantai Indrayanti/ Pulang Syawal, pantai Sepanjang mirip sekali lho karena adanya jalan di pinggir pantai, berbeda dengan pantai pendahulu seperti Baron, Sundak, Kukup yang menyiapkan space antara tempat parkir menuju pantai (Jarak pantai dengan jalan jauh). Bedanya di pantai Sepanjang kita harus turun bukit dan jalan di pinggir pantai adalah jalan lokal, sedang untuk pantai Indrayanti jalan di pinggir pantai adalah jalan umum sebagai lalu lintas utama.

Sampai di tepi pantai kita akan disambut jejeran warung dan gubuk pedagang yang tertata rapi, serius ini rapi dan bersih. Di balik gubuk gubuk pedagang ini birunya laut mulai melambai lampai. Kami pun memarkir kendaraan di tempat yang disediakan, Nah! ini bagusnya, disini di pantai Sepanjang sudah disediakan lahan parkir yang tertata baik, bus besar pun bisa masuk kok. Jadi jangan takut kalau bawa rombongan buanyak, parkir aman deh. Sekilas Sepanjang menginggatkan pada Kuta di tempo dulu, atau bisa di bilang Sepanjang Kuta ala Jogja hehe.

Pantai Sepanjang (via: wisata.indonesiaculturedtourism(dot)com

Setelah kami parkirkan kendaraan, kami bergegas berlari menuju biru, memijakkan kaki di pasir putih pantai sepanjang. Karena cuaca hari itu cerah tanpa pikir panjang satu per satu dari kami langsung bergelut dengan air laut. Emang ya kalau udah ketemu air laut jadi kayak anak kecil semua!! Oiya Pantai Sepanjang ini masuk dalam kategori pantai istimewa, Kenapa ? karena pantai Sepanjang nawarin paket lengkap buat kita Liburan. Pasir putih dan bersih, kemudian akses jalan yang bisa dilalui bus besar sekalipun, dan pedagang yang sudah ramai menjajakan berbagai kuliner olahan laut. Pantai Sepanjang sangat disarankan untuk kamu yang mencari alternatif pantai terbaik di Jogja,  agar tidak melulu Parangtritis dan Indrayanti aja hehe.

Pasir putih Sepanjang via (instagramcom)

Tapi pada akhirnya Pantai sebagus Sepanjang harus kita rawat bersama gaes, agar tetap memberi kita dan masyarakat sekitarnya hidup, cukup dengan hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak corat coret maka Sepanjang akan lebih baik . Jadi, selamat mencoba…  semoga liburan mu tetap menyenangkan… Never Ending Piknik ya 😊😊😊

Tambahan info nih untuk harga Tiket dan Restribusi

Tiket masuk   : Rp.10.000

Parkir Motor : Rp. 2000

Parkir Mobil : Rp.5000

Write A Comment