Walang atau belalang sebelum proses pemasakan menjadi makanan yang lezat ( via instagramcom)

Belalang atau walang adalah serangga yang biasa hidup di sawah dan pepohonan, siapa sangka di Yogyakarta tepatnya didaerah Gunungkidul, belalang ini disulap menjadi makanan yang lezat. Gunungkidul adalah destinasi wisata di Yogyakarta yang sedang naik daun, surganya pantai dan wisata minat khusus seperti river tubing, rafting, rock climbing dan surfing . Yang tak kalah khusus adalah kulinernya, yaitu walang goreng atau belalang goreng ini.

( via : //www.instagram.com/p/Bfkm9DYHG_O/ )

Belalang kaya akan Nutrisi ?

Yup walang atau belalang goreng sangat cocok untuk cemilan dan lauk, rasa gurih dan kerenyahan wajib banget kamu coba, sekali gigit “kriuk!!”, sensasinya gak akan kamu temukan dari jenis cemilan biasa. Selain itu belalang juga punya kandungan protein hewani yang 20 hingga 40 % lebih tinggi dari protein yang ada pada udang windu, daging sapi dan ayam dimana didalamnya terdapat asam amino essensial yang sangat berguna untuk mempercepat sekaligus melindungi pertumbuhan sel sel tubuh dan baik bagi peningkatan stamina. Nah lo, buat kamu yang cewek, berguna nih buat kekinclongan kulit tubuh. Gak cuma itu sih, kulit belalang pun mengandung senyawa kitosan serupa dengan kulit yang ada pada udang sehingga memiliki rasa yang gurih, berprotein tinggi dan renyah ketika digoreng. Gak heran kalo pas nyoba makan belalang goreng itu rasanya miriiip banget sama udang goreng.

Baca juga: Goa Pindul: Temukan Banyak Hal Eksotis Dari Perjalanan Menyusuri Sungai dan Goa Disini!

Dimana Bisa Menemukan Penjual Belalang Goreng ?

walang goreng dadakan di Tahura Bunder ( via : instagramcom )

Tenang … tenang… untuk mendapatkan belalang goreng ini tidak lah sulit seperti dahulu, bila dulu kita harus menunggu musim belalang tiba untuk menyantab cemilan ini, kini setiap hari pun ada . Belalang goreng sudah tersedia di berbagai pusat oleh oleh terutama di Gunungkidul, selain itu di sepanjang jalan Jogja – wonosari juga banyak pedagang di pinggir jalan yang menjual cemilan ini, Salah satunya adalah di Tahura Bunder yang belalang nya di goreng dadakan!! Masih anget bisa langsung dimakan.. dijamin renyah banget

Variasi rasa belalang ( via : instagramcom)

Untuk harga belalang goreng dijual mulai dari Rp 30.000 / toples . Gak suka gurih? Santai gaes, ada pilihan rasa pedas atau manis. Jadi, fix banget! Belalang goreng ini adalah salah satu kuliner (lebih tepatnya cemilan sih..) yang wajib kamu-kamu coba kalo lagi trip ke Jogja.
Foot note: Bagi temen-temen yang mudah alergi, mungkin belalang goreng bisa menyebabkan alergi.

Write A Comment