Ad
Ad
Ad
Travel Tips

Stop! Jangan Ninggalin Jogja Sebelum Bawain 6 Oleh-oleh Khas Ini Buat Keluarga Di Rumah.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaimanapun kita menjelaskan bahwa berwisata adalah tentang membeli pengalaman, tuntutan tentang keberadaan buah tangan selalu muncul ketika kita berpamitan pada sanak saudara maupun kerabat kerja. Tentu saja buah tangan atau oleh-oleh yang diharapkan haruslah unik dan bersifat eksklusif karena lekat dengan ciri khas daerah tujuan. Yogyakarta, sebagai salah satu kota tujuan wisata tentunya juga memiliki beberapa cinderamata khas yang dapat dijadikan sebagai bingkisan. Berikut adalah beberapa alternatif dari tripjogja sebagai pilihan cinderamata untuk sanak saudara sebagai bukti telah menjejakkan kaki di bumi Yogyakarta.

1. Kaos Dagadu

Paket wisata jogja, paket tour jogja, Oleh-oleh Khas Jogja
Dagadu Store via www[dot]ziliun[dot]com
Lekat di benak kita tentang Joger yang begitu melambangkan Pulau Dewata. Demikian juga Dagadu yang begitu lekat dengan Yogyakarta sebagai salah satu lambang pariwisata. Dagadu menawarkan cinderamata dengan pendekatan nilai budaya jawa yang begitu terasa Jogja-nya dalam produk-produk yang dijual pada wisatawan. Tentunya pemilihan kata yang digunakan dalam kaos yang diproduksi akan mengundang gelak tawa bagi siapapun yang sedang melihatnya. Berbagai macam pakaian dengan ukuran anak juga tersedia di Dagadu. Selain pakaian, tentunya berbagai macam pernak-pernik seperti gantungan kunci,sandal, dan lain-lainnya dapat kita temukan ketika berkunjung ke tempat ini. Outlet Yogyatourium Dagadu dapat ditemukan di Jl. Gedongkuning Sel. No.128, Rejowinangun, Kotagede sedangkan gerai-gerai kecil di beberapa tempat seperti Alun-Alun Utara dan Malioboro Mall.

2. Batik

Paket wisata jogja, paket tour jogja, Oleh-oleh Khas Jogja
Belanja Batik asik di jogja, via: kompasiana[dot]com
Kain corak yang begitu terasa jiwa lokal karena erat dikaitkan dengan budaya Jawa tentunya dapat menjadi buah tangan yang begitu berharga untuk para kerabat dan sanak saudara. Berbagai tempat untuk berburu batik dapat kita kunjungi di Yogyakarta sesuai dengan budget yang kita miliki tentunya. Apabila mata kita cukup jeli, kita dapat menemukan beberapa kain batik maupun pakaian jadi bercorak batik yang berkualitas dan menarik dengan harga yang terjangkau. Untuk batik-batik yang murah meriah dan mengandalkan keterampilan tawar-menawar dapat kita buru di Pasar Beringharjo, Jl. Malioboro, serta Kampung Batik Ngasem. Sedangkan untuk yang memiliki budget berlebih dapat membeli batik di Mirota Batik.

3. Perak

Paket wisata jogja, paket tour jogja, Oleh-oleh Khas Jogja
Kotagede, sentra kerajinan perak terbesar di jogja. via: oleholehdiy[dot]wordpress[dot]com
Kerajinan yang satu ini dapat kita temukan di area Kotagede sebagai sentra kerajinan perak. Berbagai macam produk olahan perak untuk perhiasan dapat kita temukan di wilayah ini dengan harga yang cukup bersaing dan realistis mengingat pasaran harga perak yang cukup tinggi. Tentunya cinderamata yang satu ini dapat dipersiapkan sebagai buah tangan untuk pujaan hati yang menanti kedatangan kita. Tentang kualitas, tak perlu kita meragu karena para pengrajin perak telah ditempa selama beberapa waktu untuk menempuh proses panjang menghasilkan produk bermutu.

4. Bakpia

Paket wisata jogja, paket tour jogja, Oleh-oleh Khas Jogja
Bakpia, cemilan manis khas Jogja, via: facebook[dot]com
Bakpia tentunya menjadi salah satu buah tangan yang tidak boleh dilewatkan. Membawa bakpia sepulang dari Yogyakarta tentunya merupakan sebuah ritual yang hampir sakral untuk dilakukan dalam sebuah kunjungan. Makanan manis yang berbahan dasar kacang hijau ini pada dasarnya berasal dari Cina namun seiring berjalannya waktu, makanan yang satu ini dikaitkan secara erat sebagai cinderamata khas Yogyakarta. Bakpia dijual dengan varian rasa rasa original kacang hijau, keju, cokelat, nanas, durian, ubi ungu, dan kacang merah dengan harga jual antara Rp 20.000-Rp 40.000 per kotak.

5. Gudeg

Paket wisata jogja, paket tour jogja, Oleh-oleh Khas Jogja
Gudeg Kendil komplit, via: cupuwaturesto[dot]com
Selain penampakan alam dan atraksi budaya, makanan tentunya menjadi daya tarik yang menarik sebagai alasan untuk memutuskan kunjungan wisata. Dari sekian banyak julukan untuk kota ini, Kota Gudeg tentunya diberikan bukan karena alasan yang mengada-ada. Julukan ini diberikan pada Yogyakarta karena memang makanan ini telah menyatu dengan kekhasan kota ini. Beberapa nama yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk bingkisan Gudeg adalah Gudeg Pawon, Gudeg Yu Djum, Gudeg Wijilan. Sebagai oleh-oleh, makanan gudeg ini sebenarnya cukup awet dan menghindarkan diri dari oleh-oleh yang membusuk di perjalanan. Untuk Gudeg, kita tidak perlu ragu lagi karena bahkan beberapa penjual telah menyediakan makanan ini dalam bentuk kaleng sehingga sangat aman untuk dibawa bepergian jauh.

Seporsi gudeg, krecek, dan telur pindang dipatok Rp 10.000 hingga Rp 200.000, tergantung paket yang dipilih. Kalau ingin tambahan dada ayam, harganya jadi sekitar Rp 30.000 per porsi. Yang paling mahal adalah paket kendil berisi gudeg, sambal goreng krecek, dengan lauk pendamping 10 telur pindang dan seekor ayam. Gudeg dalam kendil ini awet buat oleh-oleh, tahan hingga tiga hari.

6. Coklat Monggo

Paket wisata jogja, paket tour jogja, Oleh-oleh Khas Jogja
Coklat Monggo Khas Jogja, via: katalogkuliner[dot]
Tak hanya bahan pangan yang bersifat tradisional. Yogyakarta juga memiliki bingkisan khas berupa makanan olahan coklat yang begitu erat dikaitkan dengan kota ini yaitu Coklat Monggo. Coklat Monggo merupakan buah karya kreatif anak bangsa Belgia dengan memadukan berbagai macam bahan kualitas tertinggi milik Indonesia. Coklat ini telah hadir dan begitu lekat dengan Yogyakarta karena telah berusia lebih dari 10 tahun. Produk-produk Coklat Monggo pada dasarnya dapat kita temukan di beberapa gerai minimarket di Yogyakarta. Namun untuk varian yang lebih lengkap lagi dapat ditemukan di Jl. Tirtodipuran dan di Kotagede. Untuk dapat mengamati tentang proses pengolahan serta mencicipi rasa coklat yang disajikan kita dapat bertandang ke pabrik secara langsung.

Coklat Monggo ini terdiri dari coklat batang 40 gram dan coklat papan 80 gram, ada juga coklat jenis praline, coklat-coklat ini dibungkus dengan kertas daur ulang dengan rasa macam-macam seperti caramello, dark, susu, strawberry, mangga dan marzipan, soal harga untuk coklat batang 40 gram seharga Rp. 17.000,- dan coklat papan 80 gram Rp. 29.000,-, harga ini tentunya lebih murah daripada di luar pabrik. (*)

 

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

Tulis Komentar