Ad
Ad
Ad
Destinasi

Monumen Jogja Kembali: Sudahkah Kamu Menghayati Pengorbanan dan Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kita hampir selalu mengenang berbagai hal dalam hidup. Dari mulai indahnya cinta pertama hingga masa-masa indah saat duduk di bangku SMA. Namun terkadang kita lupa, bahwa setiap momen menyenangkan yang tercipta dalam kehidupan kita dapat terjadi karena kita hidup sebagai bangsa yang telah merdeka. Bayangkan saja jika saat ini kita masih berada dalam masa penjajahan, tentu berbagai kenangan indah sulit untuk terbayangkan. Harus kita ingat lagi, merdeka itu bukan tercipta secara cuma-cuma. Ada tangis, darah, bahkan nyawa yang harus terbuang karenanya.

Mengenang kembali tentang pengorbanan para pahlawan tentu tidak lengkap hanya dengan membuka kembali buku-buku sejarah perjuangan. Berbagai konteks yang muncul tentang perjuangan tentunya sebisa mungkin harus dapat kita rasakan. Kita dapat pergi ke Monumen Jogja Kembali untuk melihat dengan lebih pasti bagaimana perjuangan itu terjadi. Monumen ini merupakan sebuah bangunan yang melambangkan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang kuat ketika berhasil memukul mundur Belanda dari Yogyakarta pada tahun 1949.

Bangunan monumen yang diresmikan pada tanggal 6 Juli 1989 ini berlokasi di Dusun Jongkang, Sariharjo yang terletak 8 kilometer di utara Nol Kilometer. Monumen Jogja Kembali dapat kita kunjungi dengan rute yang tidak terlalu sulit karena kita hanya perlu menyusuri jalan di utara Tugu Yogyakarta hingga sampai di perempatan ringroad yang menjadi letak lokasi tempat ini. Selain itu kita juga dapat menggunakan trans jogja rute 2A ( dari Terminal Jombor) dan 2B (dari Malioboro) yang juga dapat menuntun kita untuk sampai ke tempat ini.

via ultimate-o2[dot]blogspot[dot]com
bangunan berbentuk seperti Gunung Merapi adalah icon dari Monumen Jogja Kembali via ultimate-o2[dot]blogspot[dot]com

Mari kita meluangkan waktu untuk menengok lagi jasa para pendahulu

Bangunan monumen berbentuk gunung yang konon melambangkan kesuburan ini menyimpan berbagai bukti sejarah perjuangan. Berbagai macam diorama tentang bagaimana darah tertetes dan kemerdekaan dapat dimenangkan tergambarkan secara jelas dan begitu rapi.  Dari mulai senjata-senjata yang dipergunakan oleh para pahlawan hingga pakaian yang mereka kenakan kala memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu diorama rekonstruksi adegan-adegan penting dalam sejarah berdirinya sebuah bangsa dapat kita saksikan di tempat ini. Berbagai barang dan simbol yang cukup lengkap untuk mengenang jasa mereka untuk Bangsa Indonesia terekam dengan rapi di lantai 1 dan lantai 2 Monumen Jogja Kembali.

Monumen Jogja Kembali, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
DIsini kita hendaknya patut mendalami makna perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kembali kemrdekaannya via www[dot]spotunik[dot]com

Menghayati pengorbanan dan meneruskan perjuangan

Lantai 3 Monumen Jogja Kembali adalah ruang Garbha Graha, sebuah ruangan yang memiki sebuah bendera merah putih tepat di tengahnya. Ruangan ini menjadi klimaks dari kunjungan di Monumen Jogja Kembali. Setelah melihat berbagai bukti sejarah perjuangan para pendahulu, di tempat ini kita dapat mengheningkan cipta sejenak atas jasa-jasa para pahlawan dalam hidup kita di masa ini. Kita dapat melayangkan doa untuk mereka yang telah rela berkorban untuk sebuah kemerdekaan. Sebagai penutup dari doa-doa yang telah kita panjatkan, hendaknya kita dapat mengucap sebuah ikrar dalam hati untuk terus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara yang kita punya.

Bersyukurlah hidup di masa ini, perjuangan bukan melulu tentang tetesan darah dan ayunan senjata. Berjuang adalah terus memanfaatkan peluang dan terus berkarya untuk kesejahteraan bangsa yang kita cinta. Merdeka!

 

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu Operasional : 08.00-16.00 (Selasa – Minggu)

HTM : Rp 10.000

Aktivitas : Melihat diorama sejarah, mengenang jasa pahlawan, menambah pengetahuan tentang budaya jawa dan kemerdekaan Indonesia

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat : Dusun Jongkang, Sariharjo, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Telepon : +62 274 868225

Website :  Review Tripadvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

8 Kilometer

Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana :

Melewati Jl.Jogja-Magelang hingga sampai di ringroad dan berbelok ke arah timur sehingga tidak harus berbalik arah.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best Time to Visit : Pagi hari

What to bring : Kamera dan Air Minum

Do : Berperilaku sopan dan berpakaian yang pantas, mengeheningkan cipta sejenak dan berdoa untuk para pejuang dan pahlawan yang telah gugur.

Don’t : Memegang atau merusak barang-barang bukti sejarah

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

 

Tulis Komentar