Ad
Ad
Ad

Apa yang terlintas di pikiran Bro dan Sis saat mendengar kata Little Ubud River Tubing?

Coba Bro dan Sis bayangkan pemandangan sawah yang luas menghijau bagaikan suasana di Desa Ubud yang terletak di Pulau Bali. Sinar matahari pagi yang cerah terpancar, suasana alam yag awalnya sunyi ditimpali suara derasnya air sungai dan kicauan burung pagi. Serombongan itik melintasi hamparan sawah yang terbentang luas. Sawah menghijau bertingkat-tingkat, menjadi suguhan pemandangan yang sangat menenangkan pikiran dan perasaan.

Dan ini semua bukan di Bali, tapi di Kabupaten Magelang, sekitar 40 km dari pusat Kota Jogja.

Little Ubud River Tubing Wisata Jelajah Sungai Terbaik
Indahnya Landscape Little Ubud

Little Ubud River Tubing adalah wahana wisata di Sungai Singgono yang terletak di Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang! Gak nyangka kan? Karena dekat dengan Jogja (cukup 1 jam perjalanan), banyak wisatawan yang mengira ini adalah Little Ubud Jogja. Hehehe.

Little Ubud Magelang ini menawarkan Wisata air yang aman dan nyaman, menikmati aliran sungai Singgono dengan menggunakan “kendaraan” berupa ban dalam yang sudah dilengkapi dengan alat pengaman.

Bro dan Sis akan dipandu oleh para pemandu berpengalaman.  Dilengkapi  dengan peralatan safety untuk melindungi keselamatan para wisatawan. Aman untuk yang tidak bisa berenang sekalipun.

Di Little Ubud Magelang, Bro dan Sis akan menikmati serunya bermain air di sungai yang bersih dengan aliran air yang sangat bening karena terletak di bagian hulu sungai. Memakai perlengkapan safety yang memenuhi standar keselamatan. Helm, sepatu khusus, jaket pelampung, pelindung lutut dan siku dan sebuah ban dalam yang sudah dilengkapi dengan tali pengaman. Ditemani guide-guide yang ahli di bidangnya, sangat aman bagi wisatawan, bahkan untuk anak balita dengan tinggi badan minimal 100 cm.


Rute Termudah Menuju Little Ubud River Tubing

Hanya berjarak satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta, atau dua jam perjalanan dari Kota Semarang. Little Ubud River Tubing bisa Bro dan Sis capai dengan menggunakan kendaraan motor, mobil kecil, ataupun bis. Di sepanjang perjalanan dari Yogyakarta menuju Desa Tampir Wetan, kita akan disuguhi pemandangan indah khas pedesaan yang alami dan belum tercemar oleh polusi.

Little Ubud River Tubing Wisata Jelajah Sungai
Googlemaps menuju lokasi Little Ubud River Tubing

Sebelum memasuki wilayah Kota Magelang, dari arah jalan Magelang-Yogyakarta, Bro dan Sis akan dibawa masuk ke jalan khusus menuju Little Ubud River Tubing. Nikmati hamparan sawah yang hijau terbentang luas. Dibelah oleh jalanan lurus dengan kondisi aspal yang sudah bagus, menjadi pembuka wisata alam yang indah ini.

Sekitar 3 kilometer, Bro dan Sis akan sampai di basecamp Little Ubud River Tubing. Disana sudah disediakan suguhan Wedang Tampir (minuman khas Desa Tampir Wetan).  Wedang Tampir ini  terbuat dari seduhan air Jahe dan beberapa ramuan alami yang menghangatkan dan menyehatkan badan.

Little Ubud River Tubing
Hamparan sawah sepanjang perjalanan ke Little Ubud River Tubing

Bro dan Sis bisa langsung mendaftar ke bagian reservasi, dilayani oleh petugas yang ramah, dengan biaya yang sangat murah. Rp. 40.000/orang untuk menikmati pengalaman river tubing berikut sewa perlengkapan safety standar dan jasa pemandu yang terlatih dan berpengalaman. Disana sudah  tersedia fasilitas toilet dan mushola yang memadai untuk digunakan oleh para wisatawan.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Aktifitas River Tubing di Little Ubud

River Tubing adalah aktifitas yang melibatkan kesiapan fisik yang prima. Karena berkaitan dengan wisata alam yang kondisinya dinamis dan berubah-ubah. Lalu apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum menikmati keseruan wisata jelajah sungai ini?

  1. Persiapan Fisik
    Pastikan dulu kondisi badan Bro dan Sis sedang sehat dan cukup istirahat. Total perjalanan wisata ini sekitar 1 jam dan sebagian besar dilakukan di dalam air yang bersuhu cukup dingin. Konsultasikan pada tim pemandu apabila ada penyakit bawaan yang perlu dicermati. River tubing adalah aktifitas yang tidak lepas dari resiko terkena benturan dari bebatuan yang ada di sepanjang sungai.  Lakukan pemanasan secukupnya untuk melemaskan otot dan badan sebelum menjalani aktifitas river tubing.  Selama Bro dan Sis disiplin mengikuti arahan dari para pemandu, maka resiko itu akan bisa diminimalisir.

    Aliran Sungai Singgono Little Ubud River Tubing
    Persiapan fisik diperlukan sebelum menikmati serunya river tubing.
  2. Persiapan Pakaian
    Pakailah pakaian yang simple dan terbuat dari kain / kaos yang relatif ringan saat terkena air. Hindari pakaian berbahan jeans karena saat terkena air akan terasa berat di badan. Lebih baik gunakan kaos dan celana panjang untuk meminimalisir resiko luka tergores sisi sungai yang berbatu.
  1. Titipkan gadget dan barang berharga pada petugas di basecamp.
    Tidak usah membawa perlengkapan yang berlebihan termasuk tas yang mengganggu kebebasan gerakan badan. Bila ingin menggunakan gadget untuk berfoto, gunakan jenis gadget yang anti air atau lindungi gadget Bro dan Sis dengan pelindung waterproof agar tidak rusak terkena air.
  2. Gunakan peralatan safety yang disediakan sesuai dengan arahan tim pemandu. Pasang dengan cara yang baik dan benar, cek sekali lagi untuk memastikan.
  3. Perhatikan baik-baik briefing dari para pemandu, terutama untuk menyamakan pola komunikasi apabila di tengah perjalanan kita membutuhkan bantuan mereka.

Okesip, jika persiapan sudah matang, saatnya kita menikmati perjalanan wisata di Little Ubud River Tubing.


Menikmati Serunya Wisata Little Ubud River Tubing

Setelah briefing, dari basecamp Bro dan Sis akan dibawa menuju titik start sebelum turun menuju hulu sungai. Menggunakan mobil bak terbuka, menempuh perjalanan sekitar 500 meter ke titik start yang ditentukan. Perlengkapan ban sudah dibawa sebelumnya kesana, Bro dan Sis tinggal menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

Perjalanan Little Ubud River Tubing
Perjalanan menuju titik start river tubing

Dari titik start, kita masih harus berjalan menyusuri pematang sawah sambil membawa ban  menuju tepian Sungai Singgono. Dengan jarak sekitar 300 meter, melintasi deretan persawahan dan jembatan bambu yang menjadi ikon foto di Little Ubud.

Spot Selfie Little Ubud River Tubing
Selfie dulu di jembatan bambu Little Ubud River Tubing

Little Ubud River Tubing, susur sawah
Susur Sawah: Disinilah perjalanan menuju start point. Dengan jarak tempuh sekitar 10 menit jalan kaki, peserta diajak untuk menikmati bentang alam persawahan yang cakeeeep & ijo royo-royo.

Little Ubud River Tubing, sawah terasering
Salah satu spot untuk berfoto. Paling bagus view nya kalo musim tanam padi atau sebelum panen. Ijoooo semua dengan undak-undakan terasering. Asoooy bro.

Begitu sampai di tepian sungai, Bro dan Sis siap-siap ya menceburkan diri ke sungai. Tenang, ada para pemandu yang membantu persiapan menaiki ban yang akan melaju. Mulailah petualangan menjelajahi aliran sungai yang seru dan menantang dan aman karena mengikuti arahan dari para pemandu.

Melintasi Jeram Little Ubud River Tubing
Serunya melintasi jeram di Little Ubud River Tubing

little ubud river tubing, jeram sungai
Belasan jeram ekstrim dan puluhan jeram kecil dilewati saat kita river tubing di Little Ubud. Serunya gilaaaaa..!

little ubud river tubing, jeram sungai
Kebayangkan kalo kita river tubing trus ketemu jeram yang heboh gini?

Di tengah perjalanan, terdapat sebuah air terjun buatan setinggi sekitar 2 meter. Seluruh wisatawan diminta turun dari ban menuju ke bagian bawah air terjun. Ada dua pilihan cara, pertama adalah dengan menuruni tangga besi yang ada. Kedua adalah dengan terjun ke dalam dam penampung air.

Little Ubud River Tubing, pijat alami di air terjun
Natural body massage ala Little Ubud River Tubing. cukup tempelkan badan di dinding tebingnya. Nikmati pijatan alami oleh terjunnya air. Uenakeee…

little ubud river tubing
Kebayang asyiknya di spot air terjun ini? Hebooooh bro. Little Ubud udah jadi destinasi wajib kalo bro sis ngetrip ke Jogja dan sekitarnya.

Little Ubud River Tubing
Asooooy geboy. Gini loh serunya beraktifitas di Little Ubud.

Hempasan air terjun itu bisa Bro dan Sis gunakan untuk pijat refleksi badan. Caranya dengan duduk tepat di bawah curahan air terjun. Relaksasi yang menyenangkan. Sambil mengabadikan kenangan indah hari itu.

Jeram Refleksi Little Ubud River Tubing
Pijat refleksi ala Little Ubud River Tubing

Setelah cukup beristirahat, perjalanan dilanjutkan. Menaklukkan jeram-jeram kecil di sela bebatuan, melepas kepenatan, berteriak gembira, harmoni bersama alam. Adrenalin meningkat seiring derasnya aliran sungai dan gerakan ban yang meliuk-liuk mengikuti aliran sungai.  Tim pemandu berjaga di depan dan belakang wisatawan, siap siaga membantu dan menjaga keselamatan peserta.

Little Ubud River Tubing
Emang deh, kalo river tubing itu paling seru ramean sama temen-temen 1 geng. Ya gini nih…

Hingga akhirnya aliran sungai makin melambat dan tenang, keheningan terasa sangat damai. Little Ubud River Tubing menyisakan kenangan yang dalam dan menyenangkan.

Relaksasi Little Ubud River Tubing
Relaksasi, menikmati aliran sungai yang tenang dan menenangkan

Sampai Jumpa di Little Ubud River Tubing

Little Ubud River Tubing adalah salah satu rangkaian paket wisata jogja yang disediakan oleh Tripjogja.co.id yang sudah berpengalaman menghandle ribuan orang wisatawan baik korporat maupun group ataupun private tour. Percayakan perjalanan tour dan wisata Bro dan Sis hanya pada Tripjogja Spesialis Paket Tour Jogja dan nikmati #LiburanYangJogjaBanget.

Little Ubud River Tubing
Lokasi : Desa Tampirwetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Open daily : 07.00 – 17.00 WIB
Ticket : Rp. 40.000/person
Reservasi : 0812-2581-9110
IG : @littleubud
FB : Little Ubud River Tubing
Website : tripjogja.co.id

Tulis Komentar