Ad
Ad
Ad

Lava Tour Merapi, adalah petualangan seru melaju diatas mobil Jeep, melewati lautan pasir dan melibas dasar sungai yang berbatu-batu. Bro dan Sis akan diajak mengunjungi spot-spot indah dan bersejarah di lereng Gunung Merapi. Berburu spot foto instagramable yang layak diberi caption “Merapi tak pernah ingkar janji” kata penduduk di sekitarnya.

Lava Tour Merapi Uji Adrenalin DI Lereng Merapi
Melibas dasar sungai berbatu (ig @stvkok)

Sekedar informasi Bro , Sis, erupsi Gunung Merapi bagi warga di sekitarnya adalah sesuatu yang rutin terjadi. Bagi mereka Merapi hanya menjalankan tugasnya. Setelah erupsi yang kadang membawa korban jiwa dan materi, selalu muncul berkah sesudahnya. Makin suburnya tanah, berlimpah materal tambang pasir dan munculnya tempat wisata kekinian di Jogja.

Sudah tahu kan kalau Gunung Merapi adalah salah gunung berapi teraktif di Indonesia? Dengan pola erupsi/letusan yang sangat khas dengan gumpalan awan panas yang siap meluncur bagaikan sekumpulan wedus gembel. Istilah wedus gembel ini karena gumpalannya mirip dengan gerakan sekumpulan kambing dengan bulu putih mirip biri-biri. Erupsi kecil terjadi dalam kisaran dua hingga lima tahun, sedangkan erupsi besar muncul antara 10 – 15 tahun sekali.

Nah, kedahsyatan erupsi Gunung Merapi di tahun 2006 dan 2010, menciptakan rute wisata Jogja terbaru. Terutama di daerah yang terkena efek letusan Gunung Merapi. Itu dia alasan mengapa paket wisata Jogja ini disebut Lava Tour Merapi. Seru banget lho Bro, Sis, saat menikmati pemandangan indah panorama wisata alam. Sambil merenungi dahsyatnya bencana yang terjadi saat alam ini terusik kelestariannya.

Perjalanan Bro dan Sis akan menggunakan kendaraan Jeep yang bisa diisi maksimal 4 orang wisatawan. Perjalanan Lava Tour Merapi ini melintasi tempat-tempat yang menjadi saksi dahsyatnya dampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Bro dan Sis diajak mengunjungi tempat wisata tersembunyi di Jogja di lokasi yang terkena terjangan awan panas Merapi.

Siapkan kamera, gadget dan alat dokumentasi yang lengkap ya… Karena Lava Tour Merapi memanjakan wisatawan untuk menyaksikan pemandangan yang indah dan menakjubkan di kawasan Gunung Merapi. Sunrise, hamparan pasir merapi dan menerjang aliran sungai dari atas Jeep.

Rute Wisata Wajib Lava Tour Merapi di Jogjakarta

Sebagai gambaran awal, Bro dan Sis akan diajak mengunjungi beberapa tempat, diantaranya:

  1. Bunker Kaliadem
    Bunker Kaliadem adalah bangunan berdinding tebal dan kuat, dilengkapi pintu besi yang berat dan besar. Dahulu rencananya digunakan sebagai tempat berlindung dan saat terjadi letusan Gunung Merapi dan terletak di Desa Kaliadem.

    Lava Tour Merapi Adrenalin Lereng Merapi
    Bunker Kaliadem Perlindungan Yang Gagal

    Sayangnya tahun 2006 bunker tidak berfungsi dengan baik dan memakan korban jiwa. Ada korban jiwa dari 2 orang relawan yang terjebak tidak bisa keluar lagi. Saat itu pintu masuk bunker ini tertutup material panas runtuhan dari puncak gunung.

    Pemandangan kawasan Gunung Merapi dan sekitarnya sayang untuk dilewatkan. Saat cuaca sedang cerah, langit biru, awan putih yang berarak dengan background kemegahan Gunung Merapi terpampang jelas menanti untuk dinikmati.

  2. Museum Sisa Hartaku
    Museum ini sejatinya rumah Pak Riyanto, penduduk Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Rumah ini menjadi korban keganasan erupsi Gunung Merapi saat ditinggal mengungsi ke barak pengungian.

    Lava Tour Merapi Uji Adrenalin Merapi
    Museum Mini Sisa Hartaku (foto by adrian loa)

    Setelah kondisi merapi aman, Pak Riyanto dan keluarganya mengumpulkan sisa-sisa harta yang bisa diselamatkan.  Lalu menjadikan rumahnya sebagai museum mini, agar para wisatawan bisa ikut menyaksikannya.

    Di museum ini Bro dan Sis akan melihat  barang-barang ditata seperti saat belum terkena letusan Gunung Merapi. Ada kerangka sepeda motor yang rusak parah, jam dinding yang sudah meleleh serta lengket bagian-bagiannya. Alat-alat dapur, meja kursi, buku-buku, lampu petromaks yang hangus di beberapa bagiannya. Seakan-akan kita ikut berada di sana saat bencana ini terjadi.

  3. Batu Alien
    Kok dinamakan batu alien? Oh ternyata ini adalah batu besar dengan guratan unik. Batu ini ikut terbawa aliran material saat tumpah dari puncak Gunung Merapi. Bila Bro dan Sis memfoto permukaan batu ini,  di satu sisi terlihat seperti gurat wajah manusia.  Di sisi lainnya seperti guratan wajah singa. Benar atau tidaknya, buktikan sendiri saja ya…

    Lava Tour Merapi Lereng Merapi
    Batu Alien Yang Menyimpan Misteri

    Batu Alien yang tertinggal di bibir jurang tepian Kali Gendol yang dulu menampung aliran material Merapi. Sengaja dijadikan monumen pengingat bahwa manusia tidak bisa melawan kemurkaan alam.

Tips Persiapan Mengikuti Lava Tour Merapi

Sebelum mengikuti jenis wisata ini bareng teman-teman, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Apa saja tuh? Lanjut baca deh…

  1. Perhatikan cuaca dan musim saat mengikuti paket wisata ini.
    Paling bagus Bro dan Sis berkunjung di musim kemarau saat cuaca cerah, sehingga pemandangan indah bisa dinikmati maksimal tanpa tertutup awan.
  2. Persiapkan kondisi fisik yang sehat dan prima.
    Jalur wisata yang berkelak-kelok, melewati jalanan yang tidak selalu mulus, menerjang lautan pasir maupun dasar sungai berbatu. Siapkan fisik yang sehat ya Bro , Sis, agar bisa total menikmati perjalalan. Oiya, tour ini tidak disarankan untuk ibu hamil atau orang-orang dengan penyakit berat.
  3. Gunakan outfit yang sesuai.
    Mengikuti perjalanan wisata ini akan banyak terkena sinar matahari, paparan debu dan air. Gunakan pakaian yang sesuai, oleskan lotion pelindung kulit dari sinar matahari, kenakan kacamata/topi. Dan nikmatilah perjalanannya.
  4. Reservasi terlebih dahulu untuk menghindari antrian panjang wisatawan lain.
    Banyaknya peminat wisata alam ini di akhir minggu atau saat libur panjang membuat seringkali terjadi antrian sewa jeep di lokasi start.
  5. Ini yang paling penting, siapkan kamera, gadget, isi penuh baterai, bawa tongsis, dan teman-temannya hehe…

Sip… persiapan sudah lengkap, saatnya berangkat ikut tour ini.


Bagaimana Cara Mengikuti Lava Tour Merapi?

Paket wisata Lava Tour Merapi  mengambil titik awal di kawasan Telogo Putri Kaliurang. MasBro dan MbakBro sebaiknya datang pagi-pagi ya agar lebih seru perjalanan dan foto-fotonya.

Perkiraan biaya tergantung dari jenis paket rute yang diambil. Ada beberapa pilihan paket Lava Tour Merapi sesuai dengan durasi dan jumlah obyek wisata yang dikunjungi. Rute pendek 1,5 jam dimulai dari 350.000. Biaya rute menengah, 2 jam perjalanan mulai 450.000. Biaya rute panjang, 3 jam mulai 500.000. Dan rute sunrise dimulai dari 500.000. Harga sudah termasuk sewa jeep untuk 4 orang wisatawan, biaya driver dan asuransi jiwa.

Untuk mendapatkan paket wisata Jogja yang menyenangkan, hubungi saja team advisor Tripjogja. Bro dan Sis bisa mempercayakan perjalanan wisata pada kami selama liburan di Jogja dan sekitarnya.

Sampai bertemu di Jogja nanti…

Tulis Komentar