Ad
Ad
Ad
Wisata Alam

Saking Kerennya, Sulit Memilih Kalimat Yang Pas Untuk Mendeskripsikan Goa Jomblang.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Apabila kamu merasa bahwa menyusuri goa dengan menggunakan ban pelampung seperti di Goa Pindul masih kurang memuaskan kebutuhan diri akan petualangan, mungkin kamu bisa mencoba mengunjungi Goa Jomblang. Menyusuri Goa Vertikal dan dihadapkan dengan hutan purba di dasarnya tentunya akan menggugah jiwa petualang kita. Berbeda dengan Goa Pindul, anda tidak akan dihadapkan dengan antrian yang sangat padat karena memang paket wisata di Goa Jomblang begitu eksklusif dan dibatasi pengunjungnya.

Goa Jomblang, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Jika ingin menuruni Goa Jmblang, maka anda harus benar-benar disiplin dan sesuai prosedur.

Untuk dapat sampai ke Goa Jomblang, kita dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan Bus jurusan Yogyakarta-Wonosari maupun kendaraan pribadi untuk sampai ke Jl. Raya Semanu. Di lokasi tersebut, kita akan dijemput dengan tim pemandu untuk kemudian diantarkan ke area masuk Goa Jomblang. Sesampainya di sana kita akan disambut dengan minum dan snack yang memang sudah disediakan karena termasuk ke dalam paket wisata. Selain itu, kita juga akan dipersenjatai oleh para pemandu dengan berbagai perlangkapan standar keamanan untuk vertical caving. Jangan pernah sekalipun menyepelekan tentang perlengkapan keamanan yang dipasangkan pada tubuh kita sebelum melihat sendiri medan yang akan dihadapi.

Setiap penjelajah Goa Jomblang, kita wajib mengenakan coverall, sepatu boot, helm, headlamp dan SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek.

Goa Jomblang, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja

Vertical Caving yang Memacu Adrenalin

Sebelumnya kita dapat memilih untuk memilih beberapa alternatif jalur yang dapat digunakan untuk melalukan vertical caving yang terbagi berdasarkan kedalaman yang harus ditempuh. Jalur kedalaman Entrance yang lain beragam, mulai dari 40m, 60m hingga 80m dari bibir goa hingga mencapai dasar goa.  Untuk kalian yang baru pertama kali melakukan vertical caving tentunya para pemandu yang baik hati akan menyarankan jalur VIP yaitu jalur tercepat (20 meter). Tantangan yang sebenarnya baru dimulai setelah segala alat pengaman untuk Single Rope Technique (SRT) telah terpasang dengan rapi.

Goa Jomblang, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
Tempat dimana anda akan di turunkan ke dasar Goa Jomblang.

Kita akan ‘diturunkan’ untuk menuju dasar goa dengan menggunakan seutas tali. Selama perjalanan turun berlangsung, secara otomatis kita akan merasakan bergantung tanpa pijakan kaki. Namun, rasa takut yang muncul pun perlahan menghilang ketika menyaksikan berbagai macam kekaguman terhadap mahakarya Tuhan yang luar biasa indah. Berbagai macam vegetasi dan lumut yang menghiasi tebing akan menampakkan eksotisme tersendiri. Tentunya sebuah pengalaman menarik untuk kita yang sehari-hari banyak menyaksikan pemandangan gedung menjulang tinggi.

Goa Jomblang, Paket Tour Jogja, Paket Wisata Jogja
The famous wisdom of light

Luweng Grubug dan Cahaya Surga

Sesampainya di dasar goa, kita akan merasakan sedikit lega karena akhirnya kaki dapat berpijak dengan pasti. Pemandu kemudian akan mengajak kita untuk melanjutkan perjalanan melalui lorong sepanjang 300 meter ke Luweng Grubug. Di Luweng Grubug inilah, kita dapat menemui pemandangan yang kerap disebut-sebut sebagai ‘cahaya surga’. Perjalanan menuju Luweng Grubug pun menemui akhir saat kita mulai menyaksikan pancaran cahaya matahari yang mengintip ke dalam goa dan menyinari flowstone lewat sebuah celah. Tentu saja keindahan cahaya surga tersebut masih bergantung pada cuaca, ketika hari sedang cerah-cerahnya merupakan timing yang paling tepat untuk memaksimalkan wujud cahaya surga yang kita nanti-nanti.

Ber-vertical caving ria dan membayangkan menjadi seorang Indiana Jones yang sedang berpetualang sangat menarik untuk dicoba selagi berkunjung ke Yogyakarta. Kita tentunya dapat memacu adrenalin sembari menikmati eloknya vegetasi hutan purba. (*)

 

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

 

[ms_accordion style=”simple” type=”1″ class=”” id=””]

[ms_accordion_item title=’INFORMASI WISATA’ icon=’fa-star’ status=’open’]

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 14.00

HTM: Rp 450.000,- /orang (minimal 5 orang per group)

Fasilitas:

  • Perlengkapan keamanan caving
  • Pemandu
  • Asuransi
  • Rest area
  • Minum dan snack
  • Penjemputan di Jl. Raya Semanu

Aktivitas:

  • Menyusuri goa purba vertikal
  • Melihat keindahan cahaya surga’

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’LOKASI’ icon=’fa-flag’ status=’close’]

Alamat: Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Telepon: +62 818-629-901 (08.00-23.00) PEMESANAN

Website: goa-jomblang.com &  Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Jarak Goa Jomblang dari 0 KM Jogja sekitar 52 Kilometer dari  dan dapat ditempuh selama kurang lebih  1,5-2 jam perjalanan. Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Dapat ditempuh 1,5-2 Jam dengan menggunakan mobil maupun dengan menggunakan Bus Yogyakarta-Wonosari dengan tarif  Rp 10.000,-  via Jl. Wonosari (Jl.Nasional III) hingga kemudian berbelok ke Jl. Raya Semanu

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

[/ms_accordion_item]

[ms_accordion_item title=’REKOMENDASI TRIPJOGJA’ icon=’fa-bell’ status=’close’]

Best time to visit: Lebih baik Pagi jam 6 sudah harus sampai di lokasi untuk melihat pancaran sinar matahari yang sempurna dari dalam goa

What to bring:

  • Pakaian ganti dan alat mandi, mengantisipasi pakaian dan tubuh yang kotor karena aktivitas luar ruang menyusuri goa.
  • Action Cam, mengabadikan kegiatan adventure semacam ini tentu sangatlah menarik untuk dibagikan ke sanak saudara.

Do: Menggunakan pakaian yang menyerap keringat serta nyaman digunakan, mengikuti setiap instruksi dari pemandu. Turut menjaga ekosistem dengan tidak merusak vegetasi aam di dasar Goa Jomblang.

Don’t: Membuang sampah sembarangan karena pengelola bahkan melakukan pembatasan jumlah wisatawan untuk menjaga ekosistem, turun sendirian tanpa pengawasan pemandu dan pengelola.

[/ms_accordion_item]

[/ms_accordion]

 

 

Tulis Komentar