Ad
Ad
Ad

Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Candi Hindu ini adalah salah satu mahakarya peninggalan masa lampau Indonesia yang juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

MasBro dan MbakBro sudah tahukah bila Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia? Bahkan bisa jadi merupakan salah satu kompleks candi tercantik yang ada di Asia Tenggara. Banyak yang menganggap bahwa Candi Prambanan sangat mirip dengan kompleks Angkor Wat yang ada di Kamboja.

Yuk Nikmati Kemegahan Prambanan, Candi Hindu Tercantik di Indonesia!
( sk.wikipedia.org )

Prambanan Adalah Candi Persembahan Untuk Dewa Siwa

Nama asli dari komplek Candi Prambanan ini adalah “Siwagrha”. Berdasarkan prasasti yang pernah ditemukan disekitar area kompleks candi ini. “Siwagrha” merupakan kata dalam Bahasa Sansekerta yang artinya adalah Rumah Siwa. Di kompleks Candi Prambanan ini terdapat 3 candi  utama yang dipersembahkan untuk 3 dewa atau Trimurti dalam ajaran agama Hindu yaitu Brahma yang merupakan dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa yang merupakan dewa pemusnah.

Semua candi utama tersebut  menghadap kearah timur dan dilengkapi dengan candi pendamping yang menghadap ke barat yang disebut Nandini untuk Candi Siwa, Angsa untuk Candi Brahma, dan Garuda untuk Candi Wisnu. Selain candi-candi tersebut masih ada lagi 2 candi apit, 4 candi kelir, 4 candi sudut, dan 224 candi lain yang berada di halaman.

Namun Dewa Siwa lebih diutamakan di kompleks Candi Prambanan ini. MasBro dan MbakBro bisa melihatnya dari adanya arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter yang bisa kita lihat di “garbagrha” atau ruang utama yang ada di Candi Siwa. Tinggi candi ini mencapai 47 meter dan menjadi candi paling tinggi dan paling besar di kompleks Candi Prambanan.

nikmati kemegahan prambanan candi hindu tercantik di indonesia
( liputan6.com )

Prambanan Dibangun Untuk Menandingi  Kemegahan Candi Borobudur

Candi Prambanan dibangun pada sekitar tahun 850 oleh Rakai Pikatan dari Kerajaan Medang untuk menandingi kemegahan Candi Borobudur dan juga Candi Sewu yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Baik Rakai Pikatan yang membangun Candi Prambanan dan Raja Samaratungga yang membangun Candi Borobudur berasal dari keluarga yang bersaudara namun berbeda keyakina.

Rakai Pikatan berasal dari Wangsa Sanjaya yang beragama Hindu sementara Samaratungga berasal dari Wangsa Syailendra yang menganut agama Budha.  Candi cantik ini pernah ditelantarkan pada sekitar tahun 930-an  karena perpindahan pusat kerajaan ke wilayah Jawa Timur pada masa Mpu Sendok akibat letusan Gunung Merapi. Candi Prambanan kemudian ditemukan kembali oleh seorang warga Belanda bernama CA Lons pada tahun 1733. Candi Prambanan juga memiliki relief pada dinding-dinding candinya yang bercerita tentang Ramayana.

Relief Ramayana dan Pertunjukan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan

Pada Candi Prambanan ini juga terpahat relief kisah Agama Hindu yang diambil dari Kitab Epos Ramayana dan Khrisnayana. Reliefnya terpahat pada dinding bagian dalam dari pagar langkan yang mengitari 3 candi utama. Kisahnya berawal dari relief yang ada pada Candi Siwa yang dibaca dari arah kanan ke kiri searah jarum jam. Kemudian kisah tersebut berlanjut dengan relief yang ada pada dinding pagar langkan Candi Brahma.

Rentetan cerita Ramayana yang terpahat pada relief ini bercerita tentang misi penyelamatan Dewi Sinta, permaisuri dari Prabu Rama Wijaya yang diculik oleh Rahwana dari kerajaan Alengka. Demi membebaskan Dewi Sinta, Prabu Ramawijaya mengerahkan pasukan kera yang dipimpin oleh dewa kera putih yang bernama Hanoman.

kemegahan sendratari ramayana di candi prambanan
( citizen6.liputan6.com – mulyono sri hutomo )

Kisah epos kepahlawanan ini diabadikan dalam bentuk pertunjukan Sendratari Ramayana. Tarian kolosal yang melibatkan ratusan penari dan dihelat di panggung terbuka di kompleks Candi Prambanan. MasBro dan MbakBro harus meluangkan waktu untuk menikmati pertunjukan megah ini. Karena setiap bulan hanya diadakan saat bulan purnama bersinar. Momen yang tak terlupakan.

Ok, daripada hanya membayangkan, MasBro dan MbakBro bisa mulai merencanakan kapan akan traveling dan berwisata ke Candi Prambanan ini. Dijamin tak cukup hanya datang sekali…

 

Author : Nova Aristianto | EditorAjeng Darmista  , Eva Zahra

Waktu Operasional : Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB

HTM : Rp 40.000 (Untuk domestic & WNA Pemegang KITAS), Rp 20.000 (Untuk anak-anak)

Fasilitas: 

  • Tempat parker, ATM, Toko Souvenir, Rumah Makan, Mushola.
  • Guide atau pemandu yang bisa menjelaskan sejarah tentang Candi Prambanan.
  • Ssepeda wisata.
  • Taman bermain anak.
  • Kebun binatang mini.

Aktifitas: 

  • Menikmati keindahan dan kecantikan Candi Prambanan.
  • Mengunjungi Museum Candi Prambanan untuk lebih mengetahui tentang sejarah Candi Prambanan.
  • Menyaksikan pertunjukan Sendratarai Ramayana/Ramayana Ballet.
  • Mengunjungi beberapa candi lain yang ada disekitar Candi Prambanan seperti Candi Sewu, Candi Lumbung, dan Candi Bubrah.

Alamat : Jl. Jogja-Solo Km. 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Telepon : (0274) 496 402

Website : borobudurpark.com & Review TripAdvisor

Map :

Jarak dari 0 Km Jogja:

Candi Prambanan berjarak sekitar 17 km dari O KM Jogja arah tenggara dan dapat ditempuh kurang lebih selama 30-45 menit perjalanan.

Perbedaan hasil pada saat Kondisi di lapangan sangat memungkinkan terjadi akibat faktor-faktor lain seperti Kondisi lalu-lintas dan atau Jenis alat transportasi yang digunakan.

Menuju Kesana : 

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa mengambil jalur dari arah O KM kearah Jalan Solo atau kearah Klaten dan Solo. Ikuti jalan utama sampai dengan bertemu gapura perbatasan Jawa Tengah Dan Yogyakarta. Dari gapura tersebut tinggal maju dikit sampai lampu merah lalu berbelok kiri. Pintu masuk atau tempat parkir Candi Prambanan berada di kiri jalan. Sementara jika menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan Bus Transjogja jalur 1A dari Halte Malioboro dan turun di Halte Pasar Prambanan. Perjalanan menuju ke Candi Prambanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 10 menit.

Berkendara dengan angkutan umum mempunyai resiko keterlambatan, ketersediaan armada dan yang paling menakutkan adalah tersesat. Mungkin ada baiknya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan penyedia Paket Wisata Jogja yang berpengalaman guna membuat perjalanan wisata di Jogja menjadi menyenangkan.

Best Time to Visit : Pada pagi atau sore hari karena tidak terlalu panas

What to bring : Kamera, kacamata, topi atau payung, air minum

Do :

  • Menikmati keindahan candi satu persatu.
  • Menikmati relief dan mendengarkan pemandu menceritakan kisah-kisah tentang kisah Ramayana.
  • Memotret Candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi pada pagi atau sore hari.
  • Menikmati sunset di Candi Prambanan

Don’t : 

  • Memakai baju terbuka atau kurang sopan.
  • Membuang sampah sembarang.
  • Memanjat candi.
  • Mencorat-coret candi.

 

Tulis Komentar