Ad
Ad
Ad
Travel Tips

9 Tongkrongan Hits yang Wajib Kamu Datangi di Yogyakarta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai sebuah kota yang mendapatkan julukan kota pelajar, Jogja tentunya dipenuhi oleh anak muda dari berbagai daerah asal yang datang untuk menuntut ilmu. Banyaknya jumlah mahasiswa dan pelajar di kota ini pun berdampak pada maraknya spot untuk hangout bertebaran di seluruh penjuru kota. Ketika kita datang ke kota ini, tentunya tempat-tempat ini juga wajib kita kunjungi untuk mencicipi tongkrongan hits ala anak muda Jogja. Ngintip yuk, dimana sih anak gaulnya Jogja kalau lagi nongkrong?

1. Legend Café

Yah, Legend Cafe adalah tempat yang tidak pernah sepi pengunjung, cafe ini terletak di daerah Kotabaru. Apabila kita melewati Stadion Kridosono yang berada di pusat kota dan hendak menuju ke Malioboro maka tempat ini pasti tidak akan terlewat oleh mata. Kita tidak perlu khawatir tentang ketersediaan tempat karena walaupun sangat ramai, spot duduk di tempat ini sangatlah memadai bahkan ketika kita datang dengan beramai-ramai. Berbagai macam permainan juga disediakan secara gratis untuk dipergunakan. Mulai dari Billiard, Nintendo Wii, Play Station dan lain-lain. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal karena masih berkisar di angka 10.000-20.000an rupiah saja.

 

2. Semesta Café

Tidak jauh di sebelah barat Legend Café, di jalan menuju ke Malioboro kita dapat menemukan Semesta Café di kiri jalan setelah melewati Gereja Kotabaru. Tempat ini terhitung pioneer cafe hits di Jogja dan sangat digemari oleh mereka yang cukup lama tinggal di kota ini. Walaupun terpaan berbagai cafe baru datang menghampiri, Semesta Café tetap bertahan dan tak pernah tergantikan oleh mereka yang mencandu senda gurau sambil menyeruput kopi. Cafe yang buka 24 jam dalam sehari ini mematok harga yang cukup murah yaitu dimulai dari 6.000-an rupiah saja.

 

3. Dixie

Selain Semesta Cafe, Dixie juga telah cukup lama berdiri dan sejak lama menjadi solusi bagi mereka yang menggilai pasta. Siapapun kerabat kalian yang tinggal di Yogyakarta pasti dapat menuntun kalian untuk menuju ke tempat ini. Berlokasi di Jl.Gejayan No 4 B, tempat ini cukup mudah untuk ditemukan karena selain lokasinya sangat strategis tempat ini juga cukup populer di kalangan masyarakat. Rentang harga yang ditawarkan berkisar antara 20.000an rupiah yang mungkin terasa menguras kantong namun sebanding dengan citarasa yang ditawarkan.

 

4. Playground

Melangkahkan kaki ke Jalan Timoho No.110, Gondokusuman, kita dapat berkunjung dan menghabiskan malam bersama-sama dengan kawan dan sanak saudara di Playground Cafe. Di tempat ini kita dapat merasakan nikmatnya sajian tradisional khas angkringan yang dibalut dalam suasana modern. Tentunya menu yang ditawarkan pun hadir dengan beberapa modifikasi yang membuat rasa sajian tersebut semakin berselera. Berkunjung ke tempat ini, bermodalkan Rp 20.000 rupiah saja kita dapat menikmati sajian yang mengenyangkan perut.

 

5. Secret Garden Coffe and Chocolate

Terletak di Jl. Amri Yahya No. 2 Wirobrajan, Secret Garden Coffe and Chocolate cukup menyita perhatian kalangan muda di Yogyakarta belakangan ini. Hadir dengan konsep dekorasi yang menyerupai taman, kita diajak untuk menikmati berbagai macam sajian coklat, kopi, dan cemilan dengan anggun dan romantis. Sajian yang ditawarkan berada di range harga Rp.15.000-Rp.20.000an untuk makanan dan minuman. Mengunjungi tempat ini bersama pasangan merupakan sebuah pilihan yang tepat karena suasana latar tempat yang begitu romantis.

 

6. Roaster and Bear

Tempat nongkrong yang ramai diperbincangkan ini terletak di tengah kota, tepatnya di selatan Tugu Yogyakarta. Untuk dapat masuk ke tempat ini kita terlebih dahulu harus masuk ke Hotel Harper. Setelah itu kita akan diajak untuk menikmati suasana dengan menikmati sajian berciri eropa yang begitu mewah. Sudut-sudut di tempat ini juga sangat menarik untuk diabadikan di media sosial kita. Setiap sudut akan mudah ditemukan boneka ataupun ornamen-ornamen beruang yang menggemaskan. Untuk urusan harga, walaupun berada dalam kawasan hotel yang mewah namun rentang harga makanan dan minuman masih bisa dijangkau karena berkisar di angka 20.000-an rupiah saja.

 

7. Tempo Gelato

Bagian selatan Yogyakarta memiliki berbagai spot yang menarik juga untuk dijadikan sebagai lokasi nongkrong ketika berkunjung ke kota ini. Bagi kita yang mencandu dingin dan manisnya es krim, kita dapat melayangkan tujuan kita ke Jl. Prawirotaman No 43 untuk mencicipi manis dan dinginnya es krim di Tempo Gelato. Lidah kita seolah ingin mencoba berbagai macam rasa yang ditawarkan disana. Untuk dapat menikmati sajian es krim di tempat ini, kita akan dikenai harga Rp.20.000 untuk cup dan Rp.25.000 untuk cone dengan 2 pilihan rasa yang sesuai dengan selera kita.

 

8. Peacock Coffee

Processed with VSCOcam with m5 preset

Apabila kita mencari lokasi nongkrong yang cukup tenang untuk berbincang-bincang syahdu, Peacock Coffee siap hadir sebagai pilihan. Berbagai sajian kopi dan minuman anak muda masa kini siap diracik untuk menemani hari. Lokasi ini tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi, cocok dijadikan sebagai latar bertukar cerita dengan sahabat lama maupun sanak saudara. Sajian minuman di Peacock Coffee dibanderol dengan harga Rp. 25.000 untuk semua varian minuman sedangkan makanan kecil sekitar Rp.9000 saja.

 

9. Angkringan Lik man

Lelah dihajar dengan sajian kekinian, kita dapat berkunjung ke Angkringan Lik Man yang terletak di utara Stasiun Tugu. Di tempat ini kita dapat menikmati sajian tradisional dengan nuansa penuh kesederhanaan. Walaupun hadir dengan sajian tradisional, namun tempat ini juga dipenuhi oleh banyak kalangan muda karena memang menghadirkan suasana yang begitu terasa Jogja-nya. Soal harga, kita tidak perlu memikirkan tentang yang satu ini karena walaupun hadir dengan kepopuleran, angkringan tetaplah angkringan sehingga harga makanan dan minuman yang ditawarkan tidak lebih dari Rp.5000,-. (*)

 

Author : Pradipta AkosoEditorAjeng Darmista

 

 

Tulis Komentar