Ad
Ad
Ad
Travel Tips

5 Jembatan Paling Instagram-able di Jogja

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Media social seperti  Instagram saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Hal ini merupakan salah satu bentuk eksistensi diri entah itu dengan cara mengunggah foto-foto hasil liburan  maupun kulineran. Bahkan ada beberapa tempat yang awalnya tidak banyak diketahui orang akhirnya menjadi sangat terkenal setelah  ada  seseorang yang mempostingnya ke media sosial.

Jogja memang istimewa. Bukan hanya tempat wisata saja yang rame dikunjungi oleh banyak orang, tapi jembatan yang notabene adalah sarana penyebrangan juga bisa menarik banyak orang untuk berkunjung karena memang punya pemandangan yang cukup cantik.

Mana aja sih jembatan-jembatan yang lagi hits tersebut? cek yuuk…

1. Jembatan Gantung  Selopamioro

via : suharyantobjm.com

Untuk yang pernah berkunjung ke Kebun  Buah Mangunan pasti pernah melihat jembatan gantung ini. Jembatan ini memang terlihat dari tempat tersebut. Jembatan Gantung Selopamioro terletak  di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Jembatan ini meintas diatas Sungai Oya dan dikeliingi oleh perbukitan karst yang  cukup tinggi. Jembatan ini mulai terkenal setelah menjadi lokasi syuting salah satu provider telekomunikasi di Indonesia. Jembatan Gantung Selopamioro dibangun dengan konstruksi baja dan kayu yang dijadikan sebagai landasan. Hanya pejalan kaki, sepeda, dan sepeda motor saja yang bisa melewati  jembatan ini. Itupun harus antri karena jembatan ini hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan saja setiap jalan. Pemandangan akan menjadi lebih cantik saat musim kemarau karena air Sungai Oya akan berubah menjadi hijau tosca.

2. Jembatan Gantung Bawuran

via :rdsaputro.blogspot.com

Jembatan Gantung  Bawuran yang menghubungkan Desa Bawuran dan Desa Gunungkelir di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul  ini biasa dikenal juga dengan  nama Jembatan Perak. Jembatan ini melintas disebuah sungai yang berada ditengah persawahan. Selain bisa menikmati jembatan  ini dengan latar  belakang  pemandangan sawah kita  juga bisa melihat  aktivitas petani yang ada disekitarnya. Jembatan Gantung Bawuran ini dikenal banyak orang setelah ada yang memposting fotonya di Instagram.

3. Jembatan Plunyon

via : www.potograpero.com

Jembatan yang satu ini terletak di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Lokasi dimana jembatan ini berada merupakan satu saksi kedahsyatan erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Sebagian besar   jembatan yang melintas diatas Kali Kuning ini rusak dan menyisakan sebagian bangunan jembatannya yang tetap terihat  cantik. Dulunya Jembatan  Plunyon ini merupakan salah satu lokasi foto prewed favorit di Jogja.

4. Jembatan Gantung Lemah Abang

via :mulpix.com

Sama seperti jembatan yang lainnya, Jembatan Gantung Lemah Abang ini juga digunakan sebagai sarana penyebrangan bagi warga yang tinggal di Desa Gayam Harjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman dan Desa Ngoro-oro, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul. Jembatan ini berwarna kuning mirip dengan Jembatan Gantung Selopamioro. Jembatan Gantung Lemah Abang ini dibangun pada tahun 1996 dan letaknya tidak terlalu jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

 

5. Jembatan Sesek Mangir

via: news.lewatmana.com

Dan jembatan yang paling Instagram-able di Jogja adalah Jembatan Sesek Mangir. Jembatan sesek merupakan sebutan untuk jembatan yang dibuat  dari bambu. Jembatan Sesek Mangir ini dibuat diatas Sungai Progo dan menghubungkan Desa Mangir  yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bantul dan Desa  Lendah yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kulonprogo. Pada saat musim hujan jembatan ini sering rusak karena terkena terjangan arus Sungai Progo yang cukup besar.

Cantik-cantik  bukan jembatannya? Sudah  siap berselfie ria? Jangan lupa masukan kelima jembatan tersebut kedalam tempat yang wajib dikunjungi saat di Jogja.

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista

 

Tulis Komentar