Ad
Ad
Ad

Mencari oleh-oleh terpopuler di Jogja sepertinya sudah menjadi salah satu hal yang wajib saat traveling.  Bukan cuma tempat-tempat wisata di Jogja  dan sekitarnya saja yang wajib dicicipi. Setelah selesai menikmati serunya wisata Jogja terbaru seperti The Lost World Castle , wisata offroad di Lava Tour Merapi atau wisata main air seperti Little Ubud River Tubing, Bro dan Sis butuh waktu juga untuk mencari oleh-oleh khas Jogja.  Bisa jadi bukti sah kalau sudah berwisata lengkap di Jogja. Bro dan Sis perlu mencari tahu apa saja oleh-oleh paling recommended di Jogjakarta.

Bukan cuma gudeg jogja saja lho yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Makanan khas seperti gudeg dan bakpia pun bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah kali ini kita akan bahas tentang bakpia ya… Bakpia pathok merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa saat berkunjung ke Jogja. Bakpia adalah olahan makanan  khas Jogja yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipanggang. Sekarang bakpia hadir dengan berbagai macam modifikasi rasa dengan merek yang beraneka ragam.

Ini dia beberapa rekomendasi Bakpia paling populer di Jogja versi Tripjogja:

1. Bakpia Patuk 25

bakpia-patok-25-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Hmmm sedapnya aroma dari bakpia yang sedang dipanggang dengan cara tradisional di Bakpia Pathok 25

Di Bakpia 25 ini kita tidak hanya bisa membeli bakpia saja, tetapi juga bisa melihat cara pembuatannya secara langsung di pabriknya. Jadi kita bisa membawa pulang bakpia yang masih fresh karena baru diangkat dari panggangan. Disini juga disediakan contoh bakpia yang bisa dicicipi duluan oleh para pembeli. Enak kan? Bakpia Patuk 25 beralamat di Jalan KS Tubun I/450 Danurejan tidak terlalu jauh dari Malioboro. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi sampai dengan pukul 10 malam. Kalau Bro dan Sis mau kesini bisa cek map nya di sini.

2. Bakpiaku

Bakpiaku-bakpia-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Nikmatnyaa bakpia dengan varian rasa susu, keju, coklat dan isian yang berbeda dengan bakpia tradisional yang pernah ada.

Bakpiaku bisa dipesan dan dikirim keseluruh wilayah Indonesia. Namun jika Bro dan Sis sedang berada di Jogja, bisa deh mendatangi tokonya langsung yang berada di Jalan Gajahmada, Pakualaman, Yogyakarta. Bakpiaku berbeda dengan bakpia tradisional karena menambahkan berbagai varian rasa seperti coklat, susu, keju, greentea, kacang hijau, cappuccino, dan tentu saja rasa originalnya. Mau kesini?  Di sini lokasinya.

3. Bakpia Kurniasari

bakpia-kurnia-sari-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Lezatnya bakpia isi greentea, keju, susu, kacang an durian dengan kulit bakpia yang super tipis dan renyah.

Bro dan Sis kalau suka bakpia dengan kulit yang super tipis dan renyah,  Bakpia Kurniasari menyediakannya. Bakpia Kurniasari ini punya berbagai macam varian rasa seperti coklat, greentea, keju, sampai dengan durian. Walaupun tanpa pengawet Bakpia Kurniasari bisa bertahan sampai dengan 3 minggu jika disimpan didalam kulkas. Kalau Bro dan Sis ingin datang ke outletnya, bisa dilihat di sini arahnya. Alamatnya di Jalan Glagahsari 91, Warungboto, Yogyakarta. Buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

4. Bakpia Citra

Bakpia-citra-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Bakpia dengan kemasan ekskusif, seeksklusif rasanya. Nunggu di jemput nih di outletnya…

Sama seperti Bakpia Kurniasari, Bakpia Citra juga menjual berbagai varian rasa bakpia selain rasa original. Yang lebih istimewa, bakpia yang ada ditempat ini dikemas dalam sebuah wadah cantik yang terkesan lebih eksklusif. Jika ingin membeli Bakpia Citra ini bisa langsung datang ke outlet di Jalan Mataram yang  sangat dekat dengan Jalan Malioboro. Bakpia Citra buka dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 10 malam.

5. Bakpia Kencana

Bakpia-kencana-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Mau lihat proses pembuatan bakpia berkonsep open kitchen? Kesini saja, di pusat pembuatan Bakpia Kencana.

Bakpia Kencana menawarkan konsep open kitchen-nya yang menarik. Setiap pembeli bisa melongok langsung ke dapur untuk melihat proses pembuatannya. Bakpia  Kencana menawarkan varian rasa yaitu susu,coklat,  ubi, keju, kumbu hitam, kacang ijo,dan durian. Lokasi Bakpia Kencana pusat ada di kawasan SPBU Ambarketawang, Jalan Wates Km 6, Gamping, Sleman, Jogja.

6. Bakpia Merlino

Bakpia-merlino-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Bakpia mungil rasa kumpu hitam, capuccino, durian, greentea dan varian rasa lainnya enak banget dinikmati sampil minum teh atau kopi di sore hari.

Bakpia mungil dengan kulit yang cukup tipis ini adalah produk dari Bakpia Merlino. Cappucino dan greentea merupakan varian rasa yang paling banyak diminati oleh pembeli. Pada awalnya Bakpia Merlino adalah sebuah toko bakery biasa. Namun saat menjual bakpia, ternyata laris dan banyak peminatnya terutama rasa capuccino, kumbu hitam, durian dan green tea. Penasaran dengan bakpia mini dari Bakpia Merlino? Datang saja ke outletnya di Jalan R.E Martadinata, Yogyakarta.

7. Bakpia Pathuk 75

Bakpia-patuk-75-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Mau merasakan bakpia tradisional dengan resep turun temurun sejak tahun 1948? Kesini aja…

Ini nih pelopor tumbuhnya industri bakpia Jogja di kawasan Patuk Jogjakarta. Bakpia ini merupakan salah satu bakpia legenda di Jogja karena sudah ada sejak tahun 1948. Sampai saat ini Bakpia Patuk masih mempertahankan cara memasak bakpaia secara tradisional. Rasa aslinya juga tetap dipertahan sampai saat ini sehingga banyak diburu orang. Bakpia Patuk 75 ini lokasinya ada di Jalan KS Tubun No. 83 Yogyakarta. Bakpia Patuk 75 buka sampai dengan pukul 9.30 malam.

8. Bakpia Djava

Bakpia-djava-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Bakpia ini pernah membuat rekor muri untuk Bakpia terbesar dan makan bakpia masal di tahun 2016.

Mau tau bakpia Jogja yang menjadi favorit ibu Iriana Jokowi? Jawabannya adalah Bakpia Djava. Bakpia yang sudah mempunyai beberapa outlet di Jogja walaupun masih terbilang baru ini sudah banyak diminati orang karena bakpianya yang enak karena menggunakan resep pembuatan bakpia tradisional yang sudah diwariskan sejak tempo dulu. Pusat Bakpia Djava ini berlokasi di Jalan KS Tubun, Patuk yang buka dari jam 8 pagi sampai dengan pukul 11 malam.

9. Bakpia Soemadigdo

bakpia soemadigdo oleh oleh terpopuler di jogja
Coba juga ya bakpia rasa susu vanila, strawberry dan green tea yang manis semanis kenangan di Jogja.

“Pilih roso pilih Soemadigdo”. Sesuai dengan slogan Bakpai Soemadigdo tersebut, maka jika ingin memilih bakpia dengan rasa yang enak, Bakpia Soemadigdo adalah salah satu pilihannya. Beberapa kelebihan dari Bakpia Soemadigdo ini adalah rasanya enak namun dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Selain itu isi dari Bakpia Soemadigdo ini cukup lembut dengan kulit yang tipis sehingga lebih mudah di makan. Bakpia Soemadigdo dapat didatangi di dekat Purawisata yang letaknya di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta.

10. Bakpia 145

bakpia-145-oleh-oleh-terpopuler-di-jogja
Cicipin bakpia empuk dengan isian yang bermacam-macam fresh from the oven.

Dan bakpia terakhir yang wajib dibawa buat oleh-oleh dari Jogja adalah Bakpia 145. Bakpia yang ada ditempat ini mempunyai ukuran yang cukup besar dengan berbagai varian rasa mulai dari rasa original sampai dengan rasa durian. Di Bakpia 145 Bro dan Sis juga bisa melihat langsung proses pembuatan di dapurnya sehingga kita bisa tau bagimana cara pembuatannya dan kehegienisan saat proses pembuatan. Pusat Bakpia 145 berada di Jalan Gambiran No. 67A Yogyakarta.  Buka dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 9 malam.

Nah, banyak banget kan pilihannya? tapi jangan bingung.. Semua bakpia sama-sama enak dengan citra rasa khas dari masing-masing pembuatnya. 10 oleh-oleh Bakpia terpopuler di Jogja ini siap diborong Bro dan Sis untuk oleh-oleh keluarga dan kesayangan setelah mengunjungi tempat wisata di Jogja. Yuk belanja bakpia!

 

__

Author : Nova AristiantoEditorAjeng Darmista , Eva Zahra

Tulis Komentar